INGIN MENJADI PIANIS

Written By Unknown on Saturday, August 18, 2012 | 4:01 AM


"Aku Ingin Jadi Pianis Profesional"















Nama saya Gilang Ganiswara, 23 Tahun. Teman-teman saya biasa memanggilku  Gilang atau Ganis. Waktu saya masih kecil, ayah saya suka memutar lagu-lagu classic terutama gitar classic. Saya mencoba memainkan gitar ketika kecil. Saya suka lagu-lagu Beethoven, Mozart, Bach, dan lainnya Saya  juga suka memainkan recorder ketika SD. Kondisi itulah yang membuat ayah saya membeli piano. Saya belajar piano ketika berusia 10 tahun. Dulu, saya tinggal di Cikampek karena ayah kerja di Kota Pupuk ini. Tapi karena di sekitar tempat tinggalku tidak ada guru piano, ayah memanggil guru  guru les dari Jakarta. Pertama saya belajar piano classic bersama Bu Mugi, tapi hanya bertahan setahun karena Bu Mugi tidak pernah datang lagi ke rumah. Lalu saya disarankan pindah guru ke yang lain. Karena di cikampek sangat sulit untuk belajar piano, saya belajar piano sendiri dan dengan mendengarkan lagu-lagu classic selama 3 tahun, seperti fur elise, turkish march, serenade
Kemudian ketika saya SMA, pindah ke Bandung dan meneruskan belajar piano pop bersama Kak Andre. Ketika di SMA saya mengikuti eskul gitar classic  tapi hanya beberapa bulan dengan guru dari Indra Music School. Lalu saya menonton konser anak didik Michael Steven Sulungan di CCF, sehingga membuat saya ingin sekali belajar piano classic lagi. Dan saya memutuskan belajar lagi piano classic di Braga Music School bersama Bu Nancy. Melihat kesungguhan saya, paman menyarankan belajar dengan Fariz Elka Prawira yang merupakan salah satu anak didik Michael Steven Sulungan. Sehingga pada saat itu saya belajar di dua tempat: Fariz dan Bu Nancy di Braga Music School. Awalnya saya merasa senang belajar di dua tempat, tetapi lama kelamaan saya keteteran sehingga memutuskan belajar dengan Fariz saja, Belajar dengan Fariz hanya 1 tahun lebih beberapa bulan, karena dia melanjutkan kuliah di musik UPH, mendapat beasiswa dari gurunya, yaitu Michael Steven Sulungan. Dan akhirnya saya berhenti belajar piano dan memilih belajar otodidak. 
Ketika kuliah, saya berfikir dan merasa musik jazz itu sangat bagus ketika dimainkan pada alat musik piano. Sejujurnya saya kurang suka dengan musik jazz, tetapi saya ingin mencobanya dan berfikir itu sangat menyenangkan. Kemudian saya memutuskan untuk belajar piano pop-jazz di Elfa Music School dengan Mbak Reni sebagai guru saya Sebenarnya musik pop-jazz yang diajarkan di Elfa Music School sangat bagus, membuat kreatifitas seseorang dalam belajar musik dan membuat permainan musik dengan jiwa  bebas. Saya juga pernah mengikuti belajar vokal di Elfa Musik Scool dengan Ka Astrid. Tetapi tetap  merasa cocok di piano saja. 
"Saya ingin menjadi pianis, tetapi saya merasa sudah tua dan keterampilanku berbeda jauh dengan anak-anak muda yang lebih jago. Rencananya saya ingin jadi guru piano, meskipun hanya sebagai sampingan saja.(Gilang Ganiswara ganiswaragilang@yahoo.com)     

0 comments:

Post a Comment