Marmut Hias Cianjur Dilirik Konsumen Mancanegara

Written By Unknown on Wednesday, September 5, 2012 | 5:50 AM



Marmut Hias Cianjur Dilirik Konsumen Mancanegara

Cianjur (Pripos).Beraneka ragam jenis usaha bisa dimanfaatkan  di waktu  luang. Salah satunya dengan memanfaatkan lahan pekarangan  rumah  dengan  membuka usaha marmut hias seperti yang diusahakan salah satu keluarga di  Kabupaten Cianjur.  Meski  usaha marmut  hias ini belum banyak dikenal para pebisnis, tapi bisnis  marmut  hias  ini cukup menjanjikan, dan sudah banyak dilirik  oleh pembeli dari luar negeri. 

Berawal dari hobi memelihara dan mengembangbiakan marmut hias,  Niken Wulandari (18) yang beralamat di Kampung Purabaya, Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku, Cianjur ini mulai mencoba mengembangkan usaha marmut hias  berbagai jenis.

Awalnya, Niken membeli indukan marmut hias empat pasang di Bandung. Kemudian indukan ini ditempatkan di kandang berukuran 3,5 meter x 9 meter. Dari empat indukan inilah akhirnya berkembang biak hingga ratusan ekor.

Menurut Niken, pola promosi yang dilakukan secara online di internet. Diantaranya menggunakan jejaring sosial yang kini sedang marak.

Seiring perkembangan waktu, kini hasil kerja kerasnya sudah mulai membuahkan hasil. Berbagai kalangan konsumen mulai berdatangan ke rumahnya. Mereka yang bertandang tidak hanya dari Cianjur, tapi ada juga dari Jakarta, Bogor, dan Bandung. Malah, menurutnya ada juga konsumen luar negeri, seperti Brunei Darussalam, Malaysia, dan Singapura.

Mengenai ragam, kepada Pripos Niken menjelaskan,” Soal jenisnya, ada beberapa yang biasa saya kembangkan, diantaranya jenis short hair, american jenis shelty, perupian, dan jenis long hair. Dan jenis-jenis ini pun punya  harga yang variatif, dari harga Rp 40 ribu untuk short hari, hingga Rp 250 ribu berjenis long hair, ” jelasnya.

Berhubung banyak permintaan dari dalam dan luar negeri, pihaknya akan lebih giat lagi mengembangkan ternak marmut hias ini.

“Saya yakin komoditas agribisnis ini punya prospek cukup bagus. Makanya saya akan lebih giat lagi mengembangkan,” Niken menutup pembicaraan dengan Pripos. (arief rahman)

0 comments:

Post a Comment