INTERNET GRATIS

Written By Unknown on Sunday, July 29, 2012 | 10:45 PM

Kantor RW di Bandung akan Dipasang Akses Internet Gratis

Bandung - Pemkot Bandung bekerjasama dengan PT Telkom siap menyediakan akses jaringan internet gratis bagi masyarakat. Rencananya fasilitas tersebut mulai diluncurkan Oktober 2012 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Perencanaan Sosial, Budaya dan Kesra Bapeda Kota Bandung Soni Bakhtiyar usai kegiatan pemaparan RW-Net di Kantor Kecamatan Bandung Wetan, Jalan Tamansari, Selasa (24/7/2012).

"Infrastruktur sedang disiapkan. Jadi Oktober nanti internet bisa terlaksana," kata Soni.

Menurut Soni, secara teknis pihak PT Telkom menyiapkan fasilitas hotspot pada tiap RW yang tersebar se-Kota Bandung. Selain itu, menyediakan akses internet gratis di ruang publik semacam taman kota.

"Taman itu nantinya disebut taman pintar," terang Soni.

Menurut Soni, kerjasama antara Pemkot Bandung dan PT Telkom ini guna mewujudkan Bandung Cyber City yang fungsinya bermanfaat bagi masyarakat Bandung.

Sekda Kota Bandung Edi Siswadi menilai menyebarnya akses internet gratis hingga tingkat RW yang memanfaatkan hotspot merupakan terobasan baru di Indonesia. "Bahkan di dunia. Di London pun yang merupakan negara maju, tenyata baru terpikirkan," ucap Edi ditemui di tempat sama.

Edi berharap besar Bandung menjadi Cyber City segera terlaksana demi kepentingan warga Kota Bandung memperoleh akses informasi via internet.

"Sebanyak 1.563 kantor RW di Kota Bandung akan dipasang hotspot. Saya berharap kecanggihan teknologi ini dimanfaatkan dengan tujuan positif dan edukatif," tutur Edi.
Menurut Edi, hotspot di seluruh RW disediakan agar warga bisa mendapatkan akses informasi secara maksimal melalui jaringan internet. 
Keberadaan hotspot disetiap RW disinergikan dengan program RW-Net yang berfungsi sebagai e-payment atau pembayaran elektronik. "Sudah disinergikan dengan program sebelumnya RW-Net yang melakukan pembayaran elektronik seperti bayar iuran ke PD Pasar, PDAM juga bisa beli token PLN," ujar Edi. 
Menurut Edi, hadirnya RW-Net ini bisa menambah penghasilan bagi RW-RW yang melakukan pengelolaannya. 
Kehadiran RW-Net juga bisa mempermudah akses informasi antara warga dengan  pemangku kebijakan jajaran Pemkot Bandung. "Akses informasi yang disampaikan warga berupa keluhan dan masukan bisa dipantau langsung oleh wali kota, wakil dan tentunya sekda," ujar Edi.
Dengan begitu, pimpinan Pemkot Bandung pun bisa menilai kepala SKPD mana yang bisa merespons cepat mengenai keluhan warga tersebut.
Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan Sosial, Budaya dan Kesra Bappeda Kota Bandung Soni Bakhtiyar mengakui saat ini pihaknya bersama Telkom tengah menyiapkan segala infrastrukturnya. "Kita terus siapkan seluruh infrastruknya agar pada Oktober mendatang bisa tersinergikan dengan baik,"jelas Soni.
Selain RW Net, jelas Soni, Pemkot Bandung dan Telkom akan membuat taman pintar. "Kita bangun fasilitas internet di taman-taman kota yang sudah ada dan kita namakan dengan taman pintar," ujarnya. Menurutnya, semua perawatannya fasilitas tersebut sudah dijamin oleh Telkom.

0 comments:

Post a Comment