Bekasi Berbenah Hadapi Porprov 2014

Written By Unknown on Tuesday, October 16, 2012 | 3:43 PM


Ditinjau Komisi D DPRD Jabar
Bekasi Berbenah Hadapi Porprov 2014

Bandung,(Pripos 16/10)Kabupaten Bekasi ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2014 mendatang. Penghelatan akbar insane olahraga prestasi di Jawa Barat ini dinilai sangat penting khusunya bagi tuan rumah, karena kegiatan ini merupakan kehormatan sekaligus momentum untuk meningkatkan daya saing olahragawan daerah Kabupaten Bekasi ke tingkat provinsi bahkan nasional.
Bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat disamping bertujuan untuk meningkatkan kualitas olahraga di Jawa Barat, Porprov juga sebagai sarana untuk meningkatkan pemerataan pembangunan khususnya sektor olahraga. Karena, daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah, Pemprov Jabar akan memberikan dukungan dana bagi pembangunan sarana dan prasarana olahraga daerah setempat.      
            Untuk itu kurun waktu dua tahun ini, terutama tuan rumah Kabupaten Bekasi dituntut berupaya maksimal mempersiapkan diri, khususnya kesiapan sarana dan prasarana penunjangnya. Bahkan, Sabtu (12/10) Komisi D DPRD Jabar melakukan peninjauan ke lokasi melihat dari dekat kesiapan sarana dan prasarana. Rombongan Komisi D yang dipimpin Sekretaris Komisi Ineu Purwadewi Sundari diterima Wakil Bupati Bekasi H. Rohim Mintareja.
            Usai melakukan dialog dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Bekasi, Komisi D menangkap belum adanya sinergitas yang terjalin khusus dalam hal penyediaan sarana olahraga antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Kondisi ini memprihatinkan jika tidak segera diselesaikan, karena dapat mengancam kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Porprov itu sendiri.
              "Diperlukan sinergitas antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam menyukseskan Porprov 2014 dan PON 2016," ujar Ineu Purwadewi kepada wartawan.
Menurut Ineu, tenggang waktu satu tahun lebih waktu yang tersisa belum terlihat adanya  kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk persiapan pembukaan serta sarana dan prasarana. Hal tersebut didasari dari pembahasan KUA-PPAS Komisi D dan mitra kerjanya.
Ditambahkan Ineu, sarana dan prasarana pendukung seperti gedung serbaguna untuk pembukaan dan venue-venue sudah harus terpenuhi sampai dengan tahun 2013.Disamping itu diakui Ineu,  kendala klasik yaitu masalah pendanaan masih menjadi faktor utama yang dihadapi Pemkab Bekasi.
Sementara itu Wakil Bupati Bekasi Rohim, memaparkan tahapan-tahapan pembangunan gedung serbaguna sudah dilaksanakan sejak tahun 2009, tetapi baru fokus pada tahun 2011.
Hal senada dikemukakan oleh Kadisorda Kabupaten Bekasi Edi Rochyadi, dalam penyusunan sarana dan prasarana Poprprov tahun 2014 sudah dilakukan sejak Kabupaten Bekasi ditetapkan sebagai tuan rumah pada tahun 2010. Demikian pula, konsep-konsep persiapan yang dilakukan adalah mengoptimalkan sarana dan prasarana yang sudah ada.
Di akhir kunjungan kerja, Komisi D mendesak kepada Pemkab. Bekasi agar melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam hal ini Dinas Olaharaga Daerah (Disorda) Jabar. Kemudian pula Pemkab Bekasi segera menginventarisasi sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan, serta mampu memanfaatkan venue-venue yang sudah ada sehingga Porprov 2014 bisa berjalan dengan baik dan sukses.(fauzi)

0 comments:

Post a Comment