Wartawan Unjukrasa

Written By Unknown on Thursday, October 18, 2012 | 6:14 AM


Wartawan Unjukrasa
Serukan Boikot Kegiatan TNI


                                                                                                          Atep-Kusman/Pripos-Bale Bandung

Bandung,(Pripos 18/10),- Buntut dari peristiwa penyiksaan wartawan oleh seorang perwira menengah TNI yang dipertontonkan dimuka publik pada persitiwa jatuhnya pesawat Howk 200 di Pekanbaru-Riau, memicu kemarahan solidaritas wartawan di berbagai daerah. Termasuk di Jawa Barat, puluhan wartawan yang tergabung dari berbagai organisasi wartawan melakukan aksi unjukrasa di depan Gedung sate Bandung, Rabu (17/10).
Mereka datang dengan membawa puluhan poster bertuliskan kecaman terhadap aksi anarkis yang dilakukan seorang anggota TNI. Selain melakukan orasi secara bergantian oleh masing-masing perwakilan organisasi wartawan (PWI, IJTI, AJI dll) mereka juga menorehkan tulisan besar berbunyi ‘FASIS’ di depan pintu gerbang menggunakan cat. Bukan hanya itu, sebagai simbol kemarahan atas perlakukan kasar oknum TNI  terhadap wartawan, mereka menggantungkan berbagai ID Card dan kamera di pagar pintu gerbang.
“Kita kumpulkan dan gantungkan ID Card dan kamera sebagai  simbol pemboikotan wartawan atas kegiatan seremonial TNI,” seru salah seorang pengunjukrasa.
Pada kesempatan itu, komunitas wartawan Jawa Barat mendesak pemerintah untuk segera melakukan tindakan, terutama bagi kalangan internal TNI. Jajaran TNI harus segera mengambil sikap dan melakukan proses hukum terhadap oknum TNI tersebut. “ Pecat perwira menengah yang menganiaya wartawan,” seru mereka.   
Aksi unjukrasa sebagai bentuk solidaritas wartawan ini berlangsung damai. Sebelum sempat dibubarkan oleh pasukan Dalmas dari Polda Jabar yang telah siaga dan berjaga-jaga sejak pagi hari, tidak lama mereka berorasi langsung membubarkan diri. (fauzi)  
 


0 comments:

Post a Comment