Tugu Monas

Written By Unknown on Sunday, November 25, 2012 | 7:23 PM


Tugu Monas Semakin di Buru Sebagai Objek Wisata

 
Jakarta, 25/11 (Pripos), Siapa yang tak kenal Monumen Nasional. Monumen dengan tinggi 132 meter dari permukaan tanah yang berada di kota Jakarta tepatnya di jalan Lapangan Monas, Jakarta Pusat adalah kebanggaan bangsa Indonesia. Monumen yang lebih dikenal dengan sebutan Monas ini bukan hanya sekedar Monumen bersejarah namun juga merupakan salah satu objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Setiap hari objek wisata ini selalu ramai terutama pada saat libur panjang. Objek wisata yang bisa dinikmati adalah museum di bagian bawah Monas dan pemandangan kota Jakarta yang bisa dilihat dari puncak Monas.
Di saat libur panjang antrian  di pintu masuk Monas cukup panjang. Lamanya mengantri bisa sampai satu jam lebih. Bagi pengunjung yang tak bisa mengantri terlalu lama mungkin bisa memanfaatkan aneka hiburan lain yang tersedia hampir di seluruh sudut taman halaman Monas. Pengunjung  dapat berkeliling Taman Monas sampai puas cukup dengan menyewa sepeda yang ditawarkan oleh para penyewa sepeda. Sepeda-sepeda itu disewakan per 30 menit. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati indahnya langit Jakarta sambil bermain layang-layang.  Karena disini ada beberapa penjual layang-layang dengan aneka macam jenis dan ukuran.  “saya beli yang ukuran paling kecil saja untuk anak saya, lumayan murah hanya dua ribu saja” kata seorang Ibu yang sedang memilih layang-layang untuk anaknya. Untuk anak-anak ada juga penyewaan mobil mini yang disewakan dengan harga terjangkau.
 Sepanjang jalan setapak di dalam taman Monas juga barnyak pedagang makanan dan minuman, sehingga pengunjung tak perlu khawatir akan kehausan dan kelaparan saat bermain di sini. Aneka macam souvenir juga dijajakan disini terutama souvenir yang berbau khas Jakarta dan Monas.  Cukup dengan uang dua puluh ribu Rupiah pengunjung sudah bisa mendapatkan sebuah bajaj kecil untuk oleh-oleh. Souvenir bajaj mini ini kebanyakan diburu pengunjung dari luar kota karena bajaj adalah salah satu kendaraan umum khas Jakarta.  Pedagang lain yang tak pernah sepi adalah pedagang kaos bertuliskan Monas.
“setiap hari sabtu dan minggu lumayan ramai, terutama saat libur panjang seperti libur Idul Adha dan tahun baru islam kemarin itu. Dagangan saya bisa laku banyak”Kata Joy, salah seorang dari sekian penjual kaos bertuliskan MONAS  dan souvenir lainnya seperti gantungan kunci serta miniature Monas. Pria muda asal Tarakan Kalimantan Timur ini menggelar dagangannya sejak pukul 09.00 pagi hingga malam.
“Saya sengaja datang ke Monas mengajak anak saya bermain. Tamannya luas dan banyak hiburan disini” kata Tien Adeyoso, salah seorang pengunjung yang tengah duduk santai bersama anaknya di bangku taman Monas. “selain itu barang dagangan yang dijual harganya murah-murah” tambahnya lagi.
Bagi pengunjung yang menggunakan tranportasi umum, supaya tidak lelah berjalan menuju pintu keluar, bisa menyewa delman yang akan mengantar hingga halte tempat menunggu kendaraan umum. Seperti penuturan Alin, salah seorang pengunjung “tadi saya sudah capek berkeliling taman, jadi rasanya tak kuat berjalan kaki menuju halte. Untung ada sewa delman disini”(lina)

0 comments:

Post a Comment