Sekeluarga Berburu Air Untuk Kebutuhan Sehari-hari

Written By Unknown on Tuesday, August 28, 2012 | 10:07 AM



Ibu  dan  Anak Berjibaku Berburu Air Sungai

Cianjur (Pripos). Kemarau panjang yang melanda sejumlah daerah di Kabupaten Cianjur  membuat ratusan  keluarga biasa menggunakan air sumur, atau air sungai untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, mencuci  dan minum.Tapi  saat ini mereka  mengalami kesulitan untuk    mendapatkan air, terlebih  air bersih karena air sumur dan air sungai  di sekitar rumah-rumah warga telah mengering.

Seperti yang dialami oleh keluarga Titing Aisyah (35tahun),   warga Jalan Baru, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur Jawa Barat ini beserta ke-4 anaknya bernama Halibi (9 th), Radi Permana (5 th), Najwa (4 th) dan anak yang palingkecil Hofipah Aisyah (3 th). Mereka kini terpaksa harus berburu air sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menurut Titing, hampir setiap hari  selama hampir 3 bulan lamanya ia bersama  ke-4 anaknya harus bahu membahu mencari sumber air, terutama air bersih. Karena  sumber  air  bersih  satu-satunya, yakni air sumur  yang sering ia gunakan bersama keempat anaknya saat ini telah mengering, sehingga terpaksa harus mencari sumber air ke tempat lain.

Dengan menggunakan kendaraan mobil bak terbuka,   sambil membawa  belasan drum tempat air, yang tersimpan di belakang bak terbuka,  Titing dibantu  ke empat anaknya ini menghampiri sungai Cibalagung di daerah Kampung Rahong, Desa Sukasirna, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur.

Meski air  sungai tersebut  terlihat kotor akibat banyaknya tumpukan sampah, namun rasa capai dan lelah di wajah Titing sirna dan tampak bersemangat untuk mengisi belasan drum air yang kosong.  Saat air sungai  tersebut sudah memenuhi drum-drum,   satu-persatu diangkut ke atas mobil bak terbuka, untuk di bawa pulang ke rumahnya.

Titing sangat berharap, kondisi  seperti ini bisa cepat berakhir,  karena ia bersama ke-4 anaknya sangat sulit mendapatkan air, terutama air bersih.
“Saya mohon kepada pemerintah daerah  setempat agar bisa menyediakan sarana air bersih di daerah yang dilanda kekeringan, terutama di Kecamatan Sukaluyu sehingga kami bersama ratusan keluarga lainnya tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih".(arief rahman/cianjur)

0 comments:

Post a Comment