Kab.Bandung Gencar Meningkatkan PAD dari PBB

Written By Unknown on Tuesday, September 11, 2012 | 9:48 PM



Saatnya PAD Dikejar dari Pajak danRretribus
Bale Bandung (Pripos11/9): Kepala Bagian Otda Kab. Bandung, Hj. Popi Hopipah sejak dini mensosialisasikan Pajak Bumi Bangunan (PBB)-P2, karena menurutnya merupakan kewenangan Pemerintah Kabupaten/ Kota.
“Untuk itu perlu kesiapan lebih matang dalam persiapan pengalihannya. Perlu dipersiapkan Sumber daya manusia (SDM) yang cukup kapabel di lapangan, "ujarnya.  

Popi menjelaskan, dengan berbagai masalah PBB-P2  maka pemerintah wajib mensosialisasikannya kepada masyarakat melalui para kadus. Tujuannya agar target PBB tiap tahunnya meningkat. Selain itu pemerintah bekerjasama dengan KP PBB Pratama Soreang dan Majalaya menyiapkan SDM untuk menanganinya," jelas Popi.

Dia menambahkan, selain persiapan itu pemerintah juga membuat kajian akademik untuk melihat potensi pendapatan asli daerah dari sektor PBB,  di mana kegiatan ini dilakukan untuk yang kedua kalinya. Kegiatan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bandung dan  tiap angkatan diikuti oleh 150 orang setiap angkatanya.

"PBB merupakan salah satu pendapatan pemkab untuk meningkatkan PAD yang harus betul-betul digali, dan alhamdulillah masyarakat telah menyadari serta memenuhi tanggungjawabnya sebagai masyarakat yang taat pajak,"imbuhnya.

Ketua Komisi B Saeful Bahri menambahkan, peningkatan PAD salah satu sumbernya berasal dari penanganan pajak daerah dan retribusi daerah. Selain itu sumber lainnya adalah pengembangan pariwisata di Kabupaten Bandung,"singkat saeful. (Atep Kusman)

0 comments:

Post a Comment