Sebanyak 600 KK di Kp Dukuh Kekurangan Air Bersih

Written By Unknown on Tuesday, September 11, 2012 | 10:05 PM


Sebanyak 600 KK di Kp Dukuh Kekurangan Air Bersih

Bale Bandung (Pripos11/9):Sebanyak 600 kepala keluarga warga Kp Dukuh Lebak Rt1/Rw5 Desa Neglasari Kec.Ibun kekurangan air bersih. Lebih-lebih di saat musim kemarau seperti saat ini.  
"Kami kesulitan untuk mendapatkan air bersih, kalaupun dapat kami harus berjalan kaki menuju mata air hingga 500 - 1 Km ke sungai Ciharus anak sungai Citarum. Itupun harus bergantian mengantri karena hanya ada dua pancuran, "kata Yahna (70) Ketua Rt 01 / Rw 5 Desa Neglasari saat ditemui Priangan Pos kemarin.
Menurut Yahna, setiap musim kemarau tiba, warganya selalu kekurangan air bersih. Tetapi seolah-olah masalah ini di tutup - tutupi oleh pihak desa, padahal memang inilah adanya. Warga meminta agar mata air Ciharus bisa sampai ke kampung Yahna. Karena kondisi sungai kering maka untuk mendapatkan air harus menggunakan Daisel untuk menyedot dari bawah sungai Ciharus,"pintanya.
"Kami berharap agar pemerintah mau membantu kesulitan kami dalam memeroleh air bersih,"ucap Yahna (11/9).
Sementara itu Kepala Desa Neglasari Atep Rodiana mengakui kalau di kampung itu memang kekurangan air bersih.
“Tapi lebih parah kalau musim kemarau tiba.Mereka terpaksa harus berjam-jam menuju mata air untuk mendapatkan air bersih," ujarnya.
Lain halnya menurut pengakuan kapala Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kab.Bandung Marlan, pihaknya telah mengirimkan satu buah mobil tangki air, tapi saat ditanya kepada pihak Kecamatan mereka menjawab di  desa Neglasari tidak ada kekeringan, sehingga tangki itu dibawa lagi,"akunya singkat. (Atep Kusman)

0 comments:

Post a Comment