Getok Monas di Gedung Sate

Written By Unknown on Friday, October 5, 2012 | 7:00 AM


                          Getok Monas di Gedung Sate

Bandung,(Pripos 05/10) Gerakan Tiga Oktober Mogok Nasional (Getok Monas) menjadi hari dimana para buruh seluruh Indonesia melakukan pemberhentian kerja selama satu hari penuh. Di Bandung 4 serikat pekerja berkumpul di pusat pemerintahan Jawa Barat untuk menyampaikan tuntutan kepada pemerintah, Rabu (3/10). SPSI, KSBSI, FSPMI, dan KASBI memenuhi area gedung sate melakukan aksi damai menuntut penghapusan sistem kerja kontrak dan penghapusan politik upah murah.
Roy Jinto Ferianto selaku Ketua DPD KSPSI Jabar mengatakan aksi damai ini dilakukan mengingat masih banyak tenaga kerja yang tidak mendapatkan perlindungan hukum dan tidak ada sanksi dari pemerintah bagi perusahaan-perusahaan yang ‘nakal’. “Kita disini ingin berunding dengan GubernurJabar agar perlindungan terhadap buruh semakin diperhatikan,” katanya.
Menurutnya juga saat ini nasib buruh semakin terpuruk akibat mewabahnya sistem kerja kontrak ini, perbudakan modern terjadi dimana-mana, dan buruh outsourcing (kerja kontrak) tidak mendapatkan keadilan yang semestinya.
Ternyata bukan hanya buruh yang melakukan Getok Monas di Gedung Sate tersebut, Aliansi BEM(Badan Eksekutif Mahasiswa) Jawa Barat pun ikut turun ke jalan bersama para buruh menuntut penghapusan Outsourching (kerja kontrak), dan penolakan upah murah. Mereka juga menuntut agar jaminan sosial dilaksanakan secara tepat waktu sesuai dengan UU, pada 2014.
Nobi Mentara, Koordinator aksi mengatakan aksi ini dilakukan dalam rangka ikut membantu mengkritisi pemerintah dalam memperjuangkan hak-hak buruh. “Karena kita merasa kita juga nantinya akan menjadi buruh maka kita ingin menjalin kerjasama dengan para buruh sehingga tercapai simbiosis mutualisme yang diharapkan mendapatkan kesejahteraan,” ungkap mahasiswa Institut Teknologi Telkom ini.
[]Ratih Rianti


0 comments:

Post a Comment