Menuju Penghargaan Kota Buku Sejagat untuk Bandung

Written By Unknown on Friday, October 5, 2012 | 7:04 AM



Menuju Penghargaan Kota Buku Sejagat untuk Bandung

Bandung, (Pripos 05/10)Dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Bandung yang ke-202, IKAPI Jabar kembali menggelar Pameran Buku Bandung di Landmark Braga Bandung 2-8 Oktober 2012. Pameran yang mengusung tema Menuju Bandung sebagai Kota Buku Sejagat ini, merupakan persiapan menuju pedaulatan Bandung sebagai Kota Buku Sejagat.
Kota Buku Sejagat ini merupakan penghargaan tahunan yang diberikan oleh UNESCO kepada kota yang mempunyai komitmen dan kegiatan di bidang pembukuan. Di Indonesia sendiri saat ini belum ada satupun kota yang mendapatkan gelar Ibukota Buku Sejagat. Oleh karena itu Panitia Pameran Buku Bandung 2012 menganggap penting untuk mengusulkan kepada Ketua Pengurus Daerah IKAPI Jawa Barat dan Walikota Bandung agar membentuk semacam kepanitian dalam rangka membangun Bandung sebagai Kota Buku Sejagat pada tahun 2016.
Sumbodo selaku koordinator bidang mengatakan alasan mengapa Kota Bandung mesti mempersiapkan diri demi mendaptkan penngakuan internasional dalam ranah pembukuaan ini. Dirinya mengatakan, “Bandung merupakan kota yang banyak ditulis, baik masalah kebudayaan, pariwisata, kuliner, dan fasionnya, serta mendapatkan dukungan dari walikota, maka jelas ini memungkinkan untuk Bandung  menuju Kota Buku Sejagat.
Sumbodo juga mengatakan, rencananya ini akan bisa terlaksana apabila seluruh komponen masyarakat dan pemerintah mendukung dalam proses pencapaiannya. “Untuk saat ini, kita sudah mulai mensosialisasikan pada masyarakat bahwa Bandung ingin Menjadi Kota Buku Sejagat,” tutup Sumbodo ketika ditemui di lokasi Pameran Buku Bandung 2012, Rabu (3/10).
[]Ratih Rianti

0 comments:

Post a Comment