Peternak Sapi Bersiap Jelang Hari Raya Qurban

Written By Unknown on Friday, October 5, 2012 | 7:30 AM

         Peternak Sapi Bersiap Jelang Hari Raya Qurban




Bandung,(Pripos 05/10)Menjelang hari raya Idul Adha yang kurang dari 3 minggu lagi, beberapa peternak hewan khususnya peternak sapi dan domba telah bersiap menjual hewan yang biasa di sembelih untuk berqurban. Kemeriahan hari raya Qurban sudah bisa dirasakan sejak  para penjual hewan Qurban mulai menjajakan sapi, domba bahkan kambing di pinggir-pinggir jalan yang ramai dilalui masyarakat.
Seperti terpantau di Jalan Soekarno Hatta Bepas, telah dibangun saung-saung berukuran besar yang akan digunakan untuk menjajakan sapi dan domba. “Sudah mempersiapkan ini dari sebulan yang lalu, dan disini baru kira-kira sepuluh hari”, kata Ganjar , Kamis (03/10). Dirinya bersama tim yang tergabung dalam HPDKI Padepokan Sritani sudah menyiapkan ratusan sapi dan domba menjelang hari raya Qurban untuk memenuhi  permintaan pelanggan yang sudah mengenalnya sebagai penjual hewan untuk Aqiqah ataupun Qurban.
Ganjar (32) mengaku meski baru 2 hari menjajakan sapi-sapinya, sudah terjual enam ekor. Karena itu Ganjar optimis dan menargetkan tahun ini harus terjual 100 ekor sapi. Senada dengan Awan Ridwan (43) penjual domba ia menargetkan dombanya terjual lebih dari 150 ekor dan berharap bisa lebih meningkat dari tahun lalu. Ganjar dan Awan seorang peternak yang sudah memiliki pengalaman puluhan tahun dalam mengurus hewan yang berharga tinggi itu. 
“Sapi dan domba  yang dijual disini sudah memenuhi syarat untuk disembelih, normal serta tidak cacat” jelas Awan. Syarat  domba berumur satu tahun dengan harga di patok dari satu juta keatas, sedangkan untuk sapi berumur tiga sampai lima tahun dan harga disesuaikan dengan umur sapi tersebut.  Untuk penjualan meningkat dari tahun lalu, “ Tahun ini penjualan ditingkatkan sampai satu juta dari harga beli, saya mematok harga sapi dari 10 juta keatas”, ungkap Ganjar lagi.
Menurut Ganjar hewan-hewan yang dijual merupakan peliharaan sendiri dan biasanya didatangkan dari Pati Jawa Tengah dan Ciparai untuk sapi, sedangkan untuk domba dari Tanjung Sari, majalaya dan Garut. “Para pembeli biasanya mulai ramai seminggu sebelum hari H sampai dua hari setelah lebaran”, tandasnya.

(Sova Sandrawati)


0 comments:

Post a Comment