5 Pasangan Balon Cagub Jabar Selesai Jalani Tes Kesehatan

Written By Unknown on Monday, November 26, 2012 | 12:57 PM


5 Pasangan Balon Cagub Jabar
Selesai Jalani Tes Kesehatan


Bandung, Senin 26/11 (Pripos),- Kelima pasangan bakal calon (Balon) gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang digelar Pebruari 2013 mendatang, seluruhnya telah menjalani tahapan tes kesehatan. Pada hari terakhir, Minggu (25/11) dari dua hari yang telah dijadwalkan, dua pasangan balon yakni Irianto MS Syafiudin dan Tatang Farhanul Hakim (INTAN) serta  pasangan Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib, sebagai penutup dari kelima pasangan. Pemeriksaan kelima pasangan cagub/ cawagub, sudah beres dilaksanakan, kini Tim Medis akan melakukan rekapitulasi terhadap hasil keseluruhan, setelah itu kita rapat untuk memutuskan hasil pemeriksaan kesehatan.  Hasilnya akan kita sampaikan kepada KPU Jabar.
Direktur Utama RSHS Bandung dr. Bayu Wahyudin didampingi Ketua Tim Medis Pemeriksa Kesehatan Cagub/Cawagub Jabar dr. Erwan Mananto kepada wartawan usai melakukan pemeriksaan terhadap dua pasangan balon terakhir mengatakan, pemeriksaan kelima pasangan cagub/ cawagub sudah selesa dilakukan, dan selanjutnya Tim Medis akan melakukan rekapitulasi terhadap hasil keseluruhan. “Setelah itu kita akan menggelar rapat untuk memutuskan hasil pemeriksaan kesehatan, kemudian keputusannya akan kita sampaikan kepada KPU Jabar,” tutur dr Bayu Wahyudin.
Dikatakan, pemeriksaan kesehatan dilakukan secara  menyeluruh ( Medical Chek up) sesuai dengan petunjuk teknis yang disampikan  KPU kepada Tm Medis,  meliputi tanya jawab masalah kesehatan, mulai dari fisik, penyakit dalam, uji paru-paru, jantung, USG, hingga pengambilan sampel darah, termasuk juga Psycotest tertulis yang berjumlah 540 soal.
Ditambahkan  Erwan Mananto, khusus untuk perempuan ada pemeriksaan Payudara dan trapalasi vagina. Jadi Tim melakukan pemeriksaan berdasarkan petunjuk teknis dari KPU.

                                     Dikdik -Cecep Datang Lebih Awal
Hari kedua pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Minggu (25/11), giliran dua pasangan Dikdik Muliana Arief Mansur dan Cecep Nana Suryana Toyib serta Irianto MS. Safiuddin (Yance) dan Tatang Farhanul Hakim.
Pasangan yang paling awal datang ke tempat pemeriksaan adalah Dikdik dan Cecep Toyib, yang tiba di teras Pavilun Parahyangan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Jl. Eckman Bandung pukul 6.20. Kedatangan kedua bakal calon dari perseorangan (independen) ini disambut oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar) merangkap Ketua Pokja Pencalonan, Teten Setiawan.
Sebelum memasuki paviliun, keduanya menyempatkan diri menyapa serta berbincang dengan para wartawan dan diambil gambar oleh juru kamera dari berbagai media. Ketika menjawab wartawan, Dikdik mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi pemeriksaan kesehatan, karena memang untuk menjalaninya tidak bisa dipersiapkan hanya dalam waktu singkat.
“Untuk pemeriksaan kesehatan, tidak bisa kita mempersiapkan satu atau dua hari saja. Tidak ada gunanya kita membuat sehat tubuh hanya dalam waktu sebentar. Ya, untuk sehat harus diusahakan sepanjang hidup kita. Makan teratur, tidur teratur, olahraga teratur, dan lain sebagainya. Jadi tidak bisa disiapkan dari tadi malam, tapi harus setiap saat berpola hidup sehat. Soal keharusan sebelum pemeriksaan puasa dulu, saya sudah puasa lebih dari 10 jam,” kata Dikdik.      
Yance -Tatang Semangat
Tepat pada pukul 6.30 Wib atau lebi awal 30 menit dari waktu yang ditentukan, pasangan balon cagub/cawagub Irianto MS Syafiudin dan Tatang Farhanul Hakim tiba di RSHS Bandung.
Yance, yang datang mengenakan batik lengan pendek, sedangkan Tatang memakai kaos berkerah warna putih, dengan nada bersemangat menjawab pertanyaan bahwa ia dan pasangannya sudah siap menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani-rohani.  Ia yakin pemeriksaan tim dokter terhadap dirinya akan berjalan lancar tanpa sedikitpun kendala, sehingga IDI  mengeluarkan rekomendasi sehat bagi pasangan dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini.
Namun demikian, berdasarkan pengamatan di lapangan, terutama menjelang detik-detik usainya pemeriksaan, proses pemeriksaan kepada keduanya sempat mengundang tanda tanya sekaligus spekulasi wartawan berbagai media berkaitan dengan kesehatan Yance dan Tatang. Bahkan praduga burukpun muncul manakala Komisioner Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar) merangkap Ketua Pokja Pencalonan, Teten Setiawan, mengumumkan kepada wartawan bahwa pemeriksaan kesehatan terhadap Yance-Tatang memerlukan tambahan waktu 45 menit.
Namun setelah 45 menit seperti yang diumumkan,yaitu pada pukul 14.30, Yance-Tatang terlihat keluar dari lift dan melangkah di lobby pavilun menuju kursi untuk memberikan keterangan mengenai pemeriksaan yang baru dijalani mereka. Dengan nada enteng dan penuh percaya diri, Yance menjawab pertanyaan wartawan bahwa dirinya mampu menyelesaikan kewajiban test kesehatan tanpa masalah.(fauzi)    

0 comments:

Post a Comment