KIP Jabar Gelar Seminar Keterbukaan Informasi

Written By Unknown on Tuesday, November 20, 2012 | 1:54 PM


          KIP Jabar Gelar Seminar Keterbukaan Informasi


Bandung, Selasa ,20/11 (Pripos),-  Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Jawa Barat berencana akan menggelar “Seminar Keterbukaan Informasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013” bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar).  Selain seminar, juga akan ditandatangani  nota kesepahaman (MoU/Memorandum of Understanding) untuk dengan tiga lembaga terkait  lainnya tingkat Jawa Barat yaitu KPU Jabar, Komisi Penyiaran  Indonesia Daerah (KPID) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) .
Rencana menggelar seminar dan penandatanganan MoU tersebut dikemukakan Ketua KIP Jabar, Dan Satriana, ketika melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat KPU Jabar Jl. Garut No. 11 Bandung, Senin (19/11). Dalam kunjungannya bersama seorang komisioner Mahi Hikmat, panitera Hernadi Natawijaya dan Sekretaris KIP Jabar, Karso S, diterima oleh Sekretaris KPU Jabar Heri Suherman di ruang rapat pleno. 
Pada kesempatan itu Dan Satriana mengemukakan  maksud kunjungannya, yaitu untuk mendiskusikan rencana KIP Jabar mengadakan seminar  dan penyusunan MoU dengan para komisioner KPU Jabar. Rencana ini, menurutnya, secara lisan dan melalui pembicaraan pribadi telah pula disampaikan kepada komisioner-komisioner KPID dan Panwaslu.
“Skenario kegiatan seminar pada bulan ini, November 2012, dan MoU yang akan disusun untuk ditandatangani bersama itu, sengaja kami arahkan supaya bisa menguatkan eksistensi kelembagaan yang ada di Jawa Barat, terutama dalam penyelenggaraan Pilgub 2013. Namun kami ingin terlebih dulu membangun kesepakatan antara KIP dengan KPU Jabar, KPID dan Panwaslu,” harap Mahi Hikmat.
Ia pun mengharapkan aspek-aspek keterbukaan informasi yang dibuat dan disebarluaskan kepada khalayak luas, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan dan proses Pilgub, berdasarkan hasil kesepakatan KPU Jabar dengan KIP, KPID dan Panwaslu, “Kesepakatan tersebut dapat direalisasikan dengan rencana-rencana yang akan kita paparkan bersama.  Kemudian kita coba bagaimana publik menanggapi konsep-konsep yang kita kembangkan. Mudah-mudahan ini menjadi kerangka kita bersama dalam menjalankan fungsi masing-masing”.
Kepada tamu yang melakukan kunjungan kerja, Heri Suherman mengungkapkan penilaiannya, secara pribadi sangat menyambut baik terhadap gagasan KIP. Sebab, selama ini di KPU kabupaten/kota kerap terjadi perbedaan pandangan dan pendapat mengenai keterbukaan informasi, sehingga gagasan untuk mengadakan diskusi atau seminar dipastikan akan membuka wawasan seluruh jajaran KPU Jabar.
“Mohon maaf yang sebesar-besar, kedatangan Bapak-bapak dari KIP tidak bisa diterima oleh para komisioner KPU Jabar, karena hari ini semuanya sedang mengikuti kegiatan di luar. Tapi saya yakin para komisioner di sini akan menyambut baik rencana kegiatan KIP.  Saya juga berharap dalam minggu ini MoU sudah bisa ditandatangani oleh para Komisioner KPU Jabar,” tutur Heri.

Lebih lanjut ia menyarankan, untuk penandatanganan nota kesepahaman yang melibatkan empat lembaga yaitu KIP, KPU Jabar, KPID dan Panwaslu,  perlu kesiapan terhadap waktu yang ditawarkan oleh KIP selaku penggagas, agar semuanya berkenan hadir dan menandatangani MoU.  Khusus mengenai seminar, KPU Jabar akan menghadirkan satu atau dua orang sebagai perwakilan dari KPU kabupaten/kota, dengan tujuan untuk memperluas wawasan pengetahuan tentang keterbukaan informasi.    
“Kami ingin KPU kabupaten/kota mengirim utusan untuk mengikuti seminar, bisa langsung berdiskusi dengan penyaji atau narasumber, supaya mereka punya kesepahaman menyangkut soal keterbukaan informasi publik. Mudah-mudahan Panwaslu juga mengundang rekan-rekannya dari 26 kabupaten/kota di Jawa Barat,” kata Heri dengan nada berharap.
Berdasarkan kesepakatan Heri dengan para tamu dari KPI Jabar, pertemuan tersebut akan dilanjutkan pada Kamis (22/11) untuk mendiskusikan kembali mengenai rencana mengadakan seminar dan penandatanganan MoU, dengan melibatkan semua Komisioner KPU Jabar dan 3 lembaga tingkat Jawa Barat lainnya. (kpu/fauzi)

0 comments:

Post a Comment