Pemenang Festival Film Dokumenter Milad Unisba Ke-54

Written By Unknown on Monday, November 12, 2012 | 4:46 PM



Pemenang Festival Film Dokumenter Milad Unisba Ke-54

Bertempat di kampus Unisba (Universitas Islam Bandung) dua orang juri, Askurifai Baksin dari Stufvi (School of Film & Television) dan M Agung Faisal dari Common Sense (Production House yang biasa menggarap film dokumenter) telah menetapkan para pemenang Festival Film Dokumenter tingkat SMU/Sederajat se-Jawa Barat dalam rangka Milad Unisba ke-54. Dewan juri kali ini memilih tiga juara dan tiga juara harapan.
Berturut-turut juara I, II, dan III adalah film dengan judul Sepasang Sandal Keberuntungan karya SMAN 4 Cirebon, Bandrek Hanjuang produksi SMAN 3 Cimahi, dan Susu Kambing dan Buah Naga dari SMAN 1 Sumedang. Sementara juara harapan I, II, dan III berturut-turut diraih film dengan judul Batagor Hanimun karya SMKN I Cimahi, film Sebuah Asa dari Desa Narimbung hasil kreasi SMAN I Sumedang, dan film Yang Kecil Yang Melestarikan produksi SMAN 24 Bandung.
Ada dua hal yang menjadi bahan penjurian, yakni segi artistik dan aspek naskah. Segi artistik meliputi type of shot, frame of size, continuity, color, cutting, dan steadycam. Sementara aspek naskah meliputi orisinalitas, daya tarik, kejelasan pesan, kompleksitas, dan kandungan pesan. “Kedua aspek inilah yang menjadi standar penilaian pada festival kali ini. Sehingga bisa jadi dari aspek artistik baik tapi naskahnya kurang bagus. Yang jelas hampir semua film yang masuk panitia cukup baik. Dan tidak disangka kalangan pelajar setingkat SMA ini cukup baik dalam memproduksi film dokumenter,” jelas Askurifai.
Ketua Panitia sekaligus Dekan Fakultas Teknik Unisba, Hilwati Hindersah mengatakan, festival film dokumenter dalam rangka Milad Unisba ke-54 ini bertemakan penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) dan usaha kreatif, sehingga film-film yang dibuat peserta semua harus mengangkat profil UMKM yang ada di Jawa Barat termasuk usaha-usaha binaan Bank BJB selaku sponsor utama lomba ini. “Alhamdulillah, para peserta mampu mengangkat berbagai usaha berbasis UMKM dan usaha-usah akreatif yang ada di Jawa Barat. Hal ini tidak lain  karena dukungan pihak sponsor yang peduli ingin mengangkat perkembangan UMKM,” ungkap Hilwati.
Menurut panitia, selain juara-juara di atas,10 film terbaik akan ditayangkan di IMTV dalam minggu ini dengan melibatkan polling pemirsa untuk menentukan satu Film Favorit Pilihan Pemirsa.(pan)

0 comments:

Post a Comment