Tiga Pasangan Balon Gubernur/Wakil Gubernur Selesai Jalani Tes Kesehatan

Written By Unknown on Saturday, November 24, 2012 | 8:03 PM

Tiga Pasangan Balon Gubernur/Wakil Gubernur
Selesai Jalani Tes Kesehatan

Bandung, Sabtu 24/11 (Pripos),- Sesuai dengan jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, bahwa Sabtu dan Minggu (24-25/11) merupakan pelaksanaan tahapan tes kesehatan bagi pasangan bakal calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Pilkada 2013.  Tes kesehatan dilaksanakan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dengan system pengawasan ketat  melibatkan sebanyak 25 orang tim medis dan dibantu 75 orang para medis yang dipimpin oleh dr. Erwan Martanto, Sp.PD. Sp.IP.
Menurut keterangan dari bagian Humas RSHS Bandung, Tim medis yang terdiri dari para dokter ahli ini merupakan kerjasama dari dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis THT, dokter spesialis mata, spesialis bedah, spesialis saraf, spesialis kedokteran jiwa, spesialis obgyn, spesialis jantung, spesialis radiologi, spesialis gigi dan mulut, spesialis patologi anatomi dan spesialis patologi klinik.
“Pemeriksaan membutuhkan waktu sekitar 6-7 jan setiap balon, dimulai pukul 07.00 Wib,” sebutnya.  Pada Sabtu (24/11) telah dilaksanakan tes kesehatan terhadap tiga Balon, masing-masing pasangan Ahmad Heryawan – Deddy Mizwar (), pasangan Dede Yusuf Macan Effendi – Lex Laksamana (Delman) dan pasangan Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki (Paten) .

Aher – Deddy Datang Paling Awal  
Pasangan yang paling awal datang ke tempat pemeriksaan adalah Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar. Pasangan petahana (imcumbent) dan aktor film kawakan ini tiba di teras Paviliun Parahyangan pukul 6.20 dengan mengendarai Mobil Honda CRV bernopol D 1735 MJ, beriringan dengan Anggota KPU Feri Kurnia Rizkyansyah, yang sengaja ke Bandung untuk memantau langsung pelaksanaan pemeriksaan bakal Cagub dan Cawagub Jawa Barat.
Bahkan kehadiran Feri Kurnia dan beberapa rekannya dari KPU di Jakarta itu, sempat “mengganggu” tugas puluhan wartawan berbagai media yang sedang bersemangat mengambil gambar dan mewawancarai bakal pasangan calon tersebut, akibat Deddy Mizwar mengalihkan perhatian dari wartawan dan sejenak terlibat perbincangan dengan Feri dan kawan-kawan.
Menjawab pertanyaan wartawan yang telah menunggu di area RSHS sejak pukul 5.30, Aher menyebutkan saat itu kondisi tubuhnya baik sekali, dan dalam keadaan sangat siap menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani-rohani yang merupakan salahsatu syarat pencalonan Pilgub, yang baginya untuk kali kedua. Ia optimis tim dokter dari IDI akan merekomendasikan hasil pemeriksaan yang baik seperti yang ia rasakan sendiri atas kondisi fisik dan mental pada pagi itu.
Pasangan bakal calon Gubernur/wakil Gubernur Jabar Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar  selesai menjalani tes kesehatan tepat pukul 13.30 Wib. Usai jalanni tes keduanya tampak segar-bugar. Itu terlihat saat menjamu wartawan lobby paviliun RSHS. Kepada wartawan. Ahmad Heryawan mengaku lega, bahwa tes kesehatan telah dijalani dengan baik. Hal yang agak serius menyita perhatinya adalah psikotes, karena diharuskan menjawab sebanyak lebih kurang 600 item pertannyaan. Kendati demikian semuanya, dilalui dengan lancar.    Aher demikian sapaannya, berharap tim  medis dapat menyiimpulkan hasil tes kepadanya dengan nilai bagus dalam arti tidak ada gangguan kesehatan baik jasmani maupun rohani.
Sementara wakilnya Deddy Mizwar , dengan tersenyum bersyukur akhirnnya selesai menjalani tes dengan baik, kendati sebelumnya mengaku kurang tidur. Dengan logat bodornya, Deddy sangat senang dengan palaksanaan tes kali ini. “ Alhamdulillah berjalan lancar, secara umum jasmani dan rohani saya dalam keadaan baik. Tidak dalam sakit jiwa, mungkin begitulah ,” candanya.    

Rieke Minta Maaf
Kendati sedikit terlambat datang, akhirnya bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan  (PDIP), Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki, selesai menjalani tes kesehatan.
Saat jumpa pers dengan kalangan wartawan di lobby pavilion RSHS, usai menjalani pemeriksaan kesehatan, Rieke menyampaian permohonan maafnya kepada tim medis RSHS. Alasan keterlambatannya karena suami tengah dalam keadaan sakit.
“Kepada semuanya terutama Rumah Sakit Hasan sadikin Bandung, saya mohon maaf atas keterlambatan tadi karena suami lagi sakit,” kata Rieke. 
Reiek terlambat datang ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) sekitar 20 menit dari jadwal pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar) dan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Jawa Barat dimulai pukul 7.00 Wib. Kedatangan Rieke-Teten di lokasi pemeriksaan Paviliun Parahyangan RSHS Jl. Eyckman Bandung pada pukul 7.20, dengan mengendarai Kijang Inova bernopol B 1419 UKA disambut di luar paviliun oleh Komisioner KPU Jabar merangkap Ketua Pokja Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013, Teten Setiawan, dan sejumlah pejabat KPU. Sebelum masuk ke ruangan pemeriksaan di Lantai 4, keduanya terlebih dulu dipertemukan kepada Ketua IDI Jabar Rulyanto dan wakilnya, Noormathani, serta koordinator tim dokter pemeriksa bakal calon, Erwan Martanto.
Usai menjalani tes kesehatan, pasangan balon Rieke-Tetan (Paten), mengaku puas telah melaksanakan satu tahapan penting yakni tes kesehatan jasmani dan rohani. Hal yang sangat ia rasakan dan merupakan kejutan baginya, setelah tim dokter menyatakan kemampuan otak dan daya ingatnya luar biasa. “Hal yang baru saya ketahui hari ini, adalah fakta bahwa saya tidak oon –oon amat (bodoh) , “ selorohnya merendah.
Kendati demikian, Rieke mangku agak tidak nyaman dengan pemeriksaan tim medis terutama saat ia dilakukan tes Transpalasi pagina dan Popsmir. Baginya hal ini terlalu detail. “Apakah hal ini juga berlaku bagi calon lain, “ tanyanya keheranan.    
Sementara wakil Tetan Masduki mendapat pujian dari tim dokter, bahwa jantungnya cukup baik. Tetan juga berharap tim dokter RSHS yang memeriksanya menjalankan pekerjaanya dengan baik dan benar. Tetan percaya tim dokter mampu melaksanakan pemeriksaan dengan obyektif, independen, berkualitas, dan didukung teknologi canggih.   

Dede-Laksamana Bersepeda
Pasangan balon yang terakhir selesai menjalani tes kesehatan adalah pasangan Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana. Pasangan balon yang selalu tampil enerjik ini, datang ke RSHS dengan mengendarai sepeda lengkak dengan pakaian olahraganya.
Kepada wartawan usai menjalani tes kesehatan, Dede Yusuf menyampaikan terimakasih kepada Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung khususnya tim medis yang memeriksanya. Diakui, ia telah melalui proses pemeriksaan yang cukup panjang, dan berharap nanti mampu membuahkan hasil yang baik.
Secara umum, akunya kondisi keduanya dalam posisi memiliki kesehatan yang cukup prima.  Sederet tahapan general check up yang dilalui, semuanya dalam keadaan baik. Saat menjalani tes fisik, semua item dinyatakan optimal. Hal ini diakui keduanya, karena pasangan ini sama-sama memiliki hobby olahraga.
“Pak Lex kan sukanya bersepeda, bahkan dua atau tiga kali dalam seminggu. Sementara kalau saya hobby karate dan offroad,” jelas Dede Yusuf. (fauzi)
       
.


. 

0 comments:

Post a Comment