Dikdik-Toyib Tepati Janji Serahkan Dukungan 2,037 Juta

Written By Unknown on Friday, December 7, 2012 | 5:05 AM

Dikdik-Toyib Tepati Janji Serahkan Dukungan 2,037 Juta



Bandung, Jum'at 07/12 (Pripos),- Pasangan bakal calon (Balon) Gubernur-Wakil Gubernur Jabar pada Pilkada 2013 dari jalur independen Dikdik-Toyib, menepati  janjinya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) J abar  yang akan menyerahkan berkas dukungan sebanyak  2,037 juta sebagai prasarat bagi calon non partai. Rabu (5/12) balon pasangan Dikdik Muliana Arif-TCecep Nana Suryana Toyib bersama rombongan tim suksesnya mendatangi kantor KPU Jabar di Jln. Garut Bandung untuik menyerahkan berkas dukungan yang dijanjikan itu.
            Seperti dikabarkan sebelumnya, berkaitan dari 2 s/d. 8 Desember 2012 masuk jadwal perbaikan dukungan bagi bakal pasangan calon perseorangan, maka Sabtu sore lalu Ketua Tim Kampanye  pasangan Dikdik-Cecep Toyib, Aten Waluya, memberitahukan kepada publik dan KPU Jabar bahwa pihaknya akan menyerahkan dukungan tambahan sebanyak 1,8 juta pada Rabu ini.   
Namun setelah dihitung, menurut bakal cawagub Cecep Toyib, ternyata dukungan tambahan yang hari ini diserahkan berjumlah 2,037 juta dengan sebaran dari 26 kabupaten/kota se-Jawa Barat minus Kota Cimahi dan Kota Cirebon. Kelebihan angka yang dijanjikan itu disebabkan masih ada dukungan dari berbagai daerah yang masuk ke markasnya tiga hari terakhir menjelang penyerahan, sehingga tidak boleh tidak ikut dikirimkan ke KPU Jabar.
            “Begini, sejak awal kami diwajibkan menyerahkan dukungan 3 persen dari jumlah penduduk Jawa Barat sekitar 49,1 juta jiwa, atau sekitar 1,5 juta. Pada penyerahan awal dukungan, yang harus diperbaiki ada 792.898. Angka inilah yang harus dicukupi oleh kami.  Maka, sekarang ditambahkanlah 2.037.000. Bukan berarti dukungan 2, 037 juta itu harus diserahkan semua, tapi ini untuk mencari angka 792.898,” kata Cecep Toyib.
Kepada wartawan berbagai media yang mewawancarai di tengah kesibukan proses penghitungan berkas dukungannya, di Aula Sekretariat KPU Jabar Jl. Garut No. 11 Bandung, tadi siang, ia menjelaskan tidak semua dukungan tambahan yang diserahkannya harus diverifikasi. Karena yang diperlukan pasangan ini agar memenuhi syarat untuk ditetapkan menjadi cagub dan cawagub, adalah kewajiban memperbaiki kekurangan dukungan sebanyak 792.898.   
“Berarti, kami hanya berkewajiban mencari angka segitu. Masa sih dari 2 juta sekian tidak ketemu angka 792.898. Nanti akan ketemu angka yang 700 ribu lebih ini dengan angka 681.716, sehingga menjadi 1.474.614. Nah, itulah 3 persen seperti ditetapkan oleh KPU berdasarkan peraturan dan perundang-undangan. Jadi dukungan yang kami serahkan hari ini adalah untuk menemukan angka yang 3 persen itu. Maka tolong luruskan, jangan sampai muncul kesan di masyarakat bahwa kami kena hukuman, sampai-sampai kami harus menyerahkan dukungan dua kali lipat atau 2 juta lagi. Bukan itu maksudnya,” jelas mantan Sekretaris Daerah Kab. Indramayu ini.
Lebih jauh Cecep Toyib mengungkapkan dukungan tambahan yang lebih banyak dari perkiraan semula itu merupakan hikmah dari pemberitaan media massa, yang tempo hari banyak menyoroti pelaksanaan verifikasi faktual terhadap berkas dukungannya, yang justru telah menarik simpati masyarakat luas dengan menyatakan dukungan pada pasangan ini.
“Seperti kata Kang Dikdik, kami tidak sedang berlomba, tapi sekarang kami menyampaikan dukungan untuk memperoleh kepercayaan masyarakat tentang visi-misi kami. Tolonglah saya dan Kang Dikdik supaya dikawal sampai 5 tahun ke depan. Soal dukungan yang kami serahkan sekarang, 100 persen pasti lolos verifikasi faktual di PPS (panitia pemungutan suara),” pintanya. (fauzi/kpu)

0 comments:

Post a Comment