Kadispora Jabar Buka Kabizza Festival 2012

Written By Unknown on Sunday, December 2, 2012 | 2:06 PM


Kadispora Jabar Buka Kabizza Festival 2012

Bandung, Minggu 02/12 (Pripos),- Ajang unjuk kreativitas bagi kaula muda Jawa Barat, Sabtu (1/11) digelar dalam pesta kreasi yang diberinama ‘KABIZZA FESTIVAL 2012’ di BBPTK Disdik Provinsi Jawa Barat, Jln. Pahlawan Bandung. 
Acara yang menyuguhkan berbagai aneka karya kreativ pemuda Jawa Barat dari seluruh komunitas pemuda yang ada itu dibuka dalam suatu upacara meriah oleh Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jawa Barat, Drs. H. Otji S. Wiharjadi, M.Pd, mewakili Gubernur Jawa Barat. Hadir jajaran pimpinan Muspida, tokoh pemuda, tokoh ormas kepemudaan,  serta jajaran pejabat eselon di lingkungan Pemprov. Jabar.
Pada sambutannya, Kepala Disorda Jabar Otji S. Wiharjadi mengatakan, kegiatan Kabizza Festival atau yang dikenal Kabizza Fes,sudah menjadi agenda tahunan Disorda Jawa Barat. Tahun 2012 ini, merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya. Acara ini lebih dimaksudkan untuk memberi dan membuka ruang bagi kreativitas pemuda Jawa Barat.
“Melalui acara seperti ini diharpakan lebih memberi kesempatan dan peluang untuk mencurahkan segala kreasi mereka melalui sarana terbuka dan produktif, sehingga para pemuda Jawa Barat semakin termotivasi untuk menyalurkan bakat dan minatnya secara positif,” tutur Otji di hadapan undangan dan hadirin.
Otji juga bertekad akan terus menggiatkan event-event yang berkaitan dengan pemberian wahana apresiasi bagi pemuda Jawa Barat. Intinya, pihaknya akan semakin menggali dan memfasilitasi segala bentuk yang dapat menstimulus (merangsang) dan  memunculkan keinginan pemuda yang hendak memperlihatkan kemampuan dan kabisa mereka. Juga, harapnya sedapat mungkin setiap kegiatan yang diselenggarakan, bukan hanya memiliki nilai apresiatif namun juga ekonomis, sehingga akan memberi nilai pendapatan  bagi pemuda.
“Kita berencana, kedepan, akan menambah ramuan agar event seperti ini semakin tajam daya tawarnya,” tandas Otji yang juga pernah sebagai Kepala BBPTK Disdik itu.
Kepala Disorda Jabar itu, juga melihat bahwa ciri pemuda adalah heboh, ramai, meriah dan megah. Untuk itu,sedapat mungkin setiap program terutama yang berkaitan dengan pembangunan sektor pemuda adalah bagaimana mengajak pemuda untuk menjadi seorang preaner (pengusaha) melalui upaya pendukungan  kewirausahaan.
Pemimpin yang selalu giat dengan urusan peningkatan kualitas pemuda dan olahraga di Jawa Barat ini,  mencitakan ke depan pemuda Jawa Barat akan semakin berkualitas dan lahirlah tokoh-tokoh kebangkitan dan pembaharu di segala sektor.
Hematnya, jika pemuda Jawa Barat selalu berkarya dan berfikir positif, maka dengan sendirinya hal-hal negatif yang diprihatinkan tidak akan terjadi. Bahkan yang muncul adalah harapan  positif dari semua komponen bangsa.
“Kehadiran pemuda yang  kreatif dan positif , maka akan mampu memberi rasa aman, nyaman dan dan damai masyarakat,’ tuturnya.
Sementara Ketua Panitia Drs. Nandang Saftarie, M.Pd melaporkan, kegiatan Kabizza Festival   atau Kabizza Fest 2012  mengangkat ikon Kabizza Festival ‘Ajang Gaul Orang Muda ‘ Orang Muda Jabar Biza Sukses’. Bertujuan, menyediakan wadah dan sarana serta ruang bagi para pemuda untuk dapat menunjukkan kreativitasnya dan promosi diri.  Selai itu, sebagai sarana pertukaran informasi dan silaturahmi  antar pemuda untuk meningkatkan daya saing dan mampu menumbuhkembangkan nilai-nilai secara ekonomis.
Kegiatan ini diikuti kalangan pemuda,pelajar, mahasiswa khususnya yang mempunyai kreativitas dan perwakilan dari kabupaten/kota di Jawa Barat  serta perwakilan klub, sanggar se-Jawa Barat. Juga kelompok usaha pemuda produktif se-Jawa Barat.
Dikatakan selain digelar panggung untuk mendemontrasikan keterampilan, juga dilengkapi sarana pameran/stand untuk mempromosikan produk mereka. Terdapat sebanyak 52 stan yang didisi oleh dinas kabupaten/kota dan kelompok pemuda usaha produktif se-Jawa Barat. Kegiatan lain yang meramaikan seperti kontes sepeda onthel, kontes air brush, dan kontes Cheersleader. Pada panggung hiburan diselenggarakan festival karinding, penampilan group band, tari-tarian dan seni budaya  yang berasal dari Jawa Barat.
“Kegiatan ini berlangsung dua haru dari tanggal 1-2 Desember 2012,” jelas Nandang . (fauzi).   

0 comments:

Post a Comment