Awas, DPT Pilgub Rawan Kecurangan

Written By Unknown on Monday, January 21, 2013 | 2:28 PM



Akurasi DPT Pilgub Jabar Tahun 2013 Diragukan 
           
Bandung,Pripos.- Kendati telah ditetapkan pada Sabtu (5/1), daftar pemilih tatap (DPT) untuk pemilihan  gubernur (Pilgub) Jabar tahun 2013, dinilai masih mengandung titik rawan. Hal itu lebih disebabkan belum tuntasnya pelaksanaan e-KTP di Jawa Barat. Keadaan ini, selain dapat memicu kesalahan mengenai jumlah pemilih, juga dijadikan ruang spekulasi bagi masing-masing pasangan calon. Karena hampir tidak bisa dipungkiri terjadinya kekeliruan data seperti salah pencatatan, pencatatan ganda atau bahkan DPT fiktif. Pengalaman pun menunjukkan, di setiap pemilukada  selalu terjadi masalah pada DPT. Macam-macam modus kesalahan bermunculan.
Pengalaman kesalahan pencatatan dialami istri Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat Iwan R Sulanjana. Iwan mengaku istrinya sempat tidak tercatat di daftar pemilih. Hal itu diketahui saat melakukan pengecekan melalui IT daftar pemilih KPU. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan kepada KPU dan dilakukan pendaftaran ulang, akhirnya muncul di akses daftar pemilih. Bagi purnawirawan TNI ini  berharap kejadian tersebut menjadi pelajaran semua masyarakat, khususnya warga Jawa Barat yang merasa sudah memiliki hak pilih agar benar-benar melakukan pengecekan terhadap dirinya di KPU masing-masing. Karena jika tidak, ia khawatir dapat dimanipulasi, misalnya tiba-tiba diisi oleh orang lain yang tidak seaspirasi.
“Tolong diperhatikan betul mengenai daftar pemilih tetap (DPT) ini di masing-masing kabupaten/kota. Kemungkinan masalah ini timbul karena belum tuntasnya program e-KTP,” pintanya di hadapan para kader saat melakukan rapat kerja di Hotel Horison Bandung, Minggu (6/1).    

0 comments:

Post a Comment