Gubernur Jabar Janji Tindak Pelaku Pungli

Written By Unknown on Thursday, January 17, 2013 | 11:16 PM


Gubernur Jabar Janji Tindak Pelaku Pungli 

Kab.Bekasi, Pripos.- Di acara Gathering Peningkatan Iklim Investasi, Pembudayaan K3, Keunggulan SDM dan Kesehatan yang digelar di Kawasan Industri Jababeka, Kab. Bekasi, Jabar, Rabu (16/1), para pengusaha mengadukan kepada Gubernur Heryawan soal pungutan liar berbagai pihak --khususnya birokrasi. Pengusaha tersebut tergabung dalam Forum Investor Bekasi.

Ketua Forum Investor Bekasi Didi Harsono menyampaikan, masalah pungutan liar (pungli) masih menjadi momok bagi pengusaha di Bekasi, khususnya ketika berhubungan dengan aparat pemerintah. "Masih ada pungli, Bapak Gubernur. Misalnya, ketika mengurus perizinan," tukas Didi. 

Atas pengaduan wakil pengusaha itu, Heryawan meminta agar oknum pemerintahan yang melakukan pungli dilaporkan langsung ke Gubernur. Pengusaha diminta jangan membiarkan penyimpangan ini langgeng.

"Kalau mereka oknum Pemprov, saya akan segera proses sesuai hukum yang berlaku. Prinsipnya, di Pemprov tidak ada biaya lain-lain atas pelayanan publik. Pemerintah memang berkewajiban melayani, tidak perlu diberi upeti lagi," tegas Heryawan.

Selain memerangi pungli, sebagai komitmen Pemprov untuk terus membangun iklim usaha yang sehat, diupayakan dengan menciptakan kenyamanan dan keamanan bagi pelaku bisnis. Rasa aman ini juga berhubungan dengan kondisi perburuhan.

Faktor lain, Heryawan menambahkan, peningkatan kualitas infrastruktur, misalnya jalan. Disebutkan, kemantapan jalan di bawah wewenang Pemprov kini mencapai 97,5 persen.
Di Kab. Bekasi kini terdapat sekitar 3.000 kelompok usaha, mulai kelas kecil, menengah, hingga atas. ( PP-056)


0 comments:

Post a Comment