Jabar Gunakan Software Pelaporan Dana bos

Written By Unknown on Friday, January 18, 2013 | 11:37 PM


Cegah Penyelewengan :
 Jabar Gunakan Software Pelaporan Dana bos
Bandung ,Pripos.-  Dana  BOS sering jadi sorotan berbagai pihak, terutama atas berbagai kasus penyelewengan dan kesalahan pelaporan. Dengan tujuan agar BOS tepat sasaran Provinsi Jawa Barat membuat sistem pelaporan seragam melalui software. Inovasi dan terobosan terus dilakukan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Kali ini ia melalui dinas pendidikan membuat software pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Tentu saja ini dibuat untuk mencegah penyelewengan dana BOS.
"Ini inisiatif provinsi, kalau dibilang terobosan silakan," ujar Aher  usai meluncurkan pencairan dana BOS Tahap I  Tahun 2013 di Gedung Sate, Jumat (18/1).

Pembuatan software ini dilatarbelakangi juga karena keterbatasan tenaga administrasi keuangan di tingkat SD. "Kalau di SMP dan SMA kan ada TU, di SD gak ada. Yang melakukan tugas administrasi kepala sekolah, coba bayangkan ia mengajar, jadi bendahara, jadi sekretaris. Nah software ini akan membantu," ungkapnya.

Software dipilih karena dinilai lebih praktis dan sesuai dengan kebutuhan. Karena pelaporan dana BOS termasuk sederhana. "Itu kan tidak perlu pelaporan akuntansi yang jelimet, jadi yang kita berikan bukan pelatihan akuntansi, tapi pelatihan menggunakan software," jelasnya.

Tahun lalu pelatihan penggunaan software itu sudah mencapai 20 ribu sekolah. "Kita akan latih bertahap hingga semua sekolah menggunakan software itu," tandasnya.

Selain mencegah penyelewengan penggunaan software ini juga, untuk mencegah terjadinya kesalahan pelaporan. karena bisa jadi tidak ada penyimpangan, namun karena tidak bisa  membuat laporan akhirnya menjadi kasus hukum.

"Jadi software ini multifungsi, bagi yang membuat laporan mudah; mencegah penyelewengan dana; bagi yang memeriksa juga mudah; dan yang terpenting dana BOS tepat sasaran," tandas gubernur. ( PP-056)

0 comments:

Post a Comment