Pembangunan Infrastruktur Wajib Diawasi

Written By Unknown on Thursday, January 10, 2013 | 6:15 PM


Pembangunan Infrastruktur Wajib Diawasi


Bandung,Pripos.-  Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Barat, H.M.Q Iswara menegaskan bahwa Komisi D berwenang melakukan pengawasan di setiap kegiatan pembangunan infrastruktur. Baik itu, yang berada di mitra kerja Komisi D maupun di OPD lain yang bukan mitra kerja langsung.Kewenangan ini  disepakati antara DPRD dan Pemprov Jabar,  ujar Iswara saat di temui di ruang kerja Komisi D DPRD Jabar, Rabu (9/1/2013).

            Dikatakan, dengan kewenangan yang dimiliki Komisi D,” kami telah berupaya maksimal melakukan fungsi pengawasan, termasuk juga kemarin kita telah melakukan rapat evaluasi terhadap 10 program kegiatan tahun jamak yang didanai oleh APBD Jabar.Dari 10 kegiatan tahun jamak  baik yang ada di dinas Bina Marga, Dinas PSDA, Dinas Tarkim, Setwan dan Disorda, ada 8 kegiatan selesai tepat waktu dan 100 % beres.  Tapi ada dua lagi yang belum beres yaitu pembangunan Sport Center Arcamanik Jabar dan Pembangunan Venue. Kedua kegiatan ini, leading sektornya berada di Disorda Jabar”  Jelasnya.
          Melihat perkembangan pembangunan fisik  Sport Center Arcamanik dan Pembangunan beberapa venue, yang sampai saat ini baru mencapai 24,7 % termasuk material on site, dengan tingkat kesulitan teknik yang cukup lumayan dan waktu tersisa hanya 6 bulan lagi, rasanya kami kurang yakin dan merasa pesimis pihak kontraktor mampu menyelesaikan pekerjaan sampai  akhir bulan Mei 2013 nanti.
          Maka dalam rapat kemarin (8/1/2013), Pimpinan Dewan meminta Komisi D untuk melakukan kajian dan mencarikan solusi terbaik.  Apakah setelah jatuh tempo  (berakhir masa kontrak), kontrak kerja diputus, take over atau dilakukan pelelangan ulang.  Hal ini yang akan dibahas lebih lanjut.“Bila disepakati, diputus kontrak,  tentunya  harus ada solusinya, apakah di take over atau di adakan pelelangan ulang agar pembangunan  Sport center Armanik dan pembangunan venue dapat terselesaikan”,  ujar nya.
          Lebih lanjut Iswara mengungkapkan, sebagai tuan rumah PON 2013 tentunya pembangunan Sport Centre Arcamanik Jabar dan  pembangunan beberapa venue harus selesai  secepatnya. Untuk mendukung percepatan pembangunan tersebut, Dewan mengusulkan kepada pemprov Jabar untuk membentuk Tim Ad Hock, yang didalamnya melibatkan Instansi,   OPD dan Biro terkait. Sehingga diharapkan pembangunan untuk persiapan PON dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala dikemudian hari. Harapnya. (PP-056)

0 comments:

Post a Comment