Cagub-Cawagub Jabar Pilgub 2013 Tandatangani Pakta Berintegritas

Written By Unknown on Wednesday, February 6, 2013 | 5:52 AM


Cagub-Cawagub Jabar Pilgub 2013 
Tandatangani Pakta Berintegritas
  

Bandung, Pripos - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat menandatangani Komitmen Berintegritas dan Deklarasi LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara). Penandatanganannya dilakukan di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro Bandung, Selasa (5/2) sore, disaksikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar) Yayat Hidayat serta Anggota Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Pandu Praja dan Penasehat KPK Abdullah Hemamahua.
Komitmen itu ditandatangani dengan diawali penyampaian laporan harta kekayaan semua calon sesuai LHKPN yang disampaikan mereka ke KPK, kecuali Rieke Diah Pitaloka yang berhalangan hadir. Pasangan calon nomor urut 1 yaitu Dikdik Muliana Arief Mansur melaporkan harta kekayaannya senilai Rp. 30,56 milyar berikut uang US$ 99.683 dan cawagub Cecep Nana Suryana Toyib memiliki harta kekayaan Rp. 1,41 milyar.
Pasangan calon nomor urut 2 yaitu cagub Irianto Mahfudz Sidik Syafiuddin (Yance) memiliki harta kekayaan senilai Rp. 4,6 milyar dan cawagub Tatang Farhanul Hakim Rp. 5,78 milyar. Pasangan calon nomor urut 3 yaitu cagub Dede Yusuf Macan Effendi memiliki harta kekayaan senilai Rp. 11,34 milyar berikut uang US$ 29.508 dan cawagub Lex Laksamana Rp. 7,35 milyar.
Pasangan calon nomor urut 4 yaitu cagub Ahmad Heryawan memiliki harta kekayaan senilai Rp. 4,5 miliar berikut uang US$ 36.000 dan cawagub Deddy Mizwar Rp. 27,09 miliar berikut uang US$ 35.122. Pasangan calon nomor urt 5 yaitu cagub Rieke Diah Pitaloka memiliki harta kekayaan senilai Rp. 2,7 milyar dan cawagub Teten Masduki Rp. 1,46 milyar. 
Di hadapan Sembilan  cagub-cawagub serta tim kampanye dan pasukan pendukungnya masing-masing, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Irfan Suryanagara, para komisioner KPU Jabar, unsur muspida dari Kodam III/Siliwangi serta Kejaksaan Tinggi dan Polda Jabar, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat memandang penandatanganan Komitmen Berintegritas dan Deklarasi LHKPN serta penandatanganan Pakta Integritas yang sebelumnya diselenggarakan bersama KPK, merupakan 2 kegiatan yang menunjukkan trend sangat positif tentang adanya kesadaran dari semua pasangan calon untuk mengemban amanah rakyat Jawa Barat.
“Apabila nanti mengemban amanah, pasangan calon akan berintegritas terhadap apa yang diucapkan sesuai dengan yang dilaksanakan. Kami percaya betul bahwa Pakta Integritas yang tadi sudah ditandatangani oleh semua pasangan, termasuk Komitmen Berintegritas dan Deklarasi LHKPN yang sebentar lagi ditandatangani, akan berpengaruh terhadap pola kepemimpinan Jawa Barat lima  tahun ke depan,” yakinnya.
Dibagian lain sambutannya iapun meyakini Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 akan menyodorkan kenyataan dari mimpi-mimpi rakyat Jawa Barat, karena 5 pasangan calon sudah menandatangani Pakta Integritas dan Komitmen Berintegritas, disamping 10 cagub dan cawagub ini merupakan individu-individu terpilih dari 50 juta penduduk Jawa Barat. 
“Ada kemanunggalan antara rakyat Jawa Barat dengan 5 pasangan calon. Karena dengan ditandatanganinya Pakta Integritas, berarti kesalehan telah ditampilkan oleh 5 pasangan calon. Nanti tidak ada istilah yang kalah dan menang. Bedanya hanya  satu pasangan diberi amanah, dan 4 pasangan calon lainnya diselamatkan dari fitnah sebagai gubernur dan wakil gubernur,” ucap Yayat. (PP-063/KPUJBR)

 



0 comments:

Post a Comment