Ketua P2TP2A Resmikan Saung Perceka

Written By Unknown on Thursday, February 7, 2013 | 9:36 PM


                Ketua P2TP2A Resmikan Saung Perceka


Bandung,Pripos - Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Netty Prasetiyani Heryawan meresmikan “Saung Perceka” yang berlokasi di Jalan Laswi No 1. Menurut Netty, “Saung Perceka” merupakan community center (pusat komunitas), sekaligus unit usaha untuk memberdayakan perempuan korban kekerasan yang selama ini ditangani oleh P2TP2A.
"Salah satu upaya kami dalam menangani korban kekerasan adalah dengan memberi pendampingan, kemudian pelatihan agar mereka dapat hidup mandiri. Kami menjadikan “Saung Perceka” ini sebagai sarana yang dapat digunakan korban kekerasan untuk berkarya, meningkatkan kepercayaan diri, sekaligus sebagai sumber penghasilan sebelum mereka dipulangkan ke daerah masing-masing,” ujar Netty.
“Saung Perceka” merupakan hasil kerja sama antara Koperasi Bima Sejahtera Sentosa—koperasi binaan Dinas Binamarga—dan P2TP2A Jawa Barat. “Saung Perceka” terdiri dari spa, salon pria dan wanita, tempat penitipan anak, perpustakaan, toko buku, pusat kebugaran, serta kedai makan. Fasilitas ini bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Uniknya, fasilitas ini dikelola oleh perempuan-perempuan korban kekerasan yang selama ini dibina P2TP2A.
Pada 2012, P2TP2A menangani 120 perempuan korban kekerasan, seperti korban KDRT, trafficking, dan TKW yang ditelantarkan. Berkat upaya aktifnya dalam melakukan pendampingan terhadap perempuan korban trafficking, Netty Heryawan baru saja memperoleh penghargaan sebagai Local Heroes dari Kedutaan Besar Amerika Serikat. (PP-056)

0 comments:

Post a Comment