KH Cecep Syaefuttamam, MBA :Khawatirkan Krisis Air Bersih di Cipanas

Written By Unknown on Monday, August 27, 2012 | 11:22 AM


Khawatirkan Krisis Air Bersih di Cipanas

Garut, 25/8 (Pripos) Cipanas terkenal sebagai areal objek wisata di Kec. Tarogong Kab. Garut, terutama Sumber Air Panas Ci Engang yang sudah terkenal hingga mancanegara. Berbagai pembangunan hotel dan resort atau pun Wahana Wisata bermain lainnya marak bermunculan. Namun, dari data yang berhasil Pripos himpun efek domino dari pembangunan tersebut berimbas pada ketersediaan air di sekitarnya. Seperti yang diungkapkan oleh KH. Cecep Saefuttamam MBA.

Kepada Pripos Cecep menyebutkan, dengan adanya pengambilan air panas juga air bersih oleh beberapa pengusaha di wilayah Cipanas maka dia merasa sangat khawatir dan menyesalkan karena banyak terjadi pembelian rumah dengan harga tinggi atau kolam warga untuk dijadikan sarana pengeboran air, yang mengakibatkan debit sumber air bersih untuk warga semakin berkurang.
Dikatakan Cecep, menurut UUD 45 pasal 33 bahwa tanah, air dan sumber kekayaan alam dikuasai oleh negara dan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.
Hal senada juga diungkapkan oleh Uun (45th), warga Kampong Negla.  Uun benar-benar merasakan dampaknya. Dulu, mata air yang ada di belakang rumahnya sangat melimpah. Kini mata air itu surut, apalagi kalau musim kemarau tiba.
Hal senada juga dikatakan oleh warga yang berprofesi sebagai pengusaha bibit ikan setempat.
Kepada Pripos Cecep berharap aparat pemerintah terkait dapat menanggapi permasalahan ini secara serius dengan cara segera mereboisasi hutan yang sudah gundul, yang berada di atas pemukiman warga untuk menambah ketersediaan sumber air bersih warga. (Din/mas)

0 comments:

Post a Comment