SMKN I Cianjur Terapkan Pendidikan Berbasis Keterampilan

Written By Unknown on Thursday, August 30, 2012 | 10:27 AM


SMKN I Cianjur Terapkan Pendidikan Berbasis Keterampilan
Cianjur (Pripos).SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri ) I Cianjur, merupakan sekolah kejuruan di bidang Bisnis Manajemen dan Teknik Informatika yang menciptakan para wirausahawan junior yang cakap dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri dan kompetitif dalam menghadapi era globalisasi dunia.
Kepala Sekolah SMKN I Cianjur   Dede Kartiman S.Pd, M.MPd, saat ditemui Priangan Pos di tempat kerjanya Senin (27/8) mengatakan, SMKN I Cianjur memberikan pilihan pendidikan baik di bidang keahlian yaitu, akuntansi, administrasi perkantoran, tata niaga serta bidang Teknologi Informatika terdiri atas dua program keahlian yaitu Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik Komputer Jaringan.
“Dengan Slogan SMKN 1 Cianjur,  kita wujudkan The right place to get success for the future,” terang Dede
Dijelaskannya pula, SMKN I Cianjur dari tahun ke tahun terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan sesuai tuntutan kebutuhan  jaman. Hal semacam itu perlu dilakukan agar pada akhirnya lulusan SMKN I Cianjur memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap terintegrasi serta kecakapan kerja sesuai dengan jurusan.  Sekolah ini punya visi: menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi standar nasional serta akhlak terpuji. Sementara misinya : menyelenggarakan diklat dengan prinsip kemampuan dan profesionalisme melalui optimalisasi kerja sama industri dalam rangka meningkatkan mutu serta daya saing lulusan.
Dede juga mengatakan, dengan status  SMKN I Cianjur yang juga merupakan sekolah SBI (Sekolah Berbasis Internasional), dari tahun ke tahun jumlah siswa didik terus mengalami peningkatan,.Hal ini terbukti pada saat penerimaan siswa didik baru. Ada sekitar  800 siswa yang mendaftar dan yang diterima hanya sekitar 480 untuk berbagai jurusan yang ada di  SMKN I Cianur. “ ujar Dede
Untuk memberikan wawasan dan pengalaman bagi siswa, SMKN I Cianjur memberikan Pendidikan Sistem Ganda melalui program praktik kerja industri.Dan ini merupakan langkah nyata (substansial) dalam membangun sistem pendidikan dan pelatihan kejuruan lebih relevan dengan dunia kerja dalam rangka menghasilkan tamatan bermutu. Program yang dilaksanakan di industri atau dunia usaha meliputi: praktik dasar kejuruan yang dilaksanakan sebagian di sekolah dan sebagian lainnya di industri.
Di samping itu, praktik dasar kejuruan dapat dilaksanakan di industri apabila industri pasangan memiliki fasilitas pelatihan memadai. Namun, jika industri pasangan tidak memiliki fasilitas pelatihan maka kegiatan praktik dasar kejuruan sepenuhnya dilaksanakan di sekolah. Praktik keahlian produktif dilaksanakan di industri dalam bentuk praktik kerja industri (on the job training) berbentuk kegiatan mengerjakan pekerjaan produksi atau jasa di industri atau perusahaan. (ek)

0 comments:

Post a Comment