12 rumah hampir hangus terbakar

Written By Unknown on Tuesday, September 18, 2012 | 6:07 AM


12 rumah hampir hangus terbakar

Bandung (Pripos)- Sekitar 12 rumah hampir hampir saja  dilalap si jago merah, api berasal dari ilalang yang terbakar oleh tangan jahil. 12 Rumah itu adalah warga di Manglayang Regency Blok H2 RT 3 RW 18, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, pada Minggu (16/9), sekitar pukul 11.30.

Ilalang yang berada tak jauh dari Manglayang Regency Blok H2 terbakar habis Akibatnya, tak hanya nyaris membakar sejumlah rumah, sekitar satu hektare ilalang yang tumbuh di jurang tempat air mengalir itu gosong dilalap api yang sulita dipadamkan.

Menurut Hikmat K (31), warga Manglayang Regency Blok H2 no 10, api sudah muncul sekitar pukul 11.30. Namun, Hikmat yang mengira api itu akan padam dengan sendirinya itu malah membesar setelah ditinggal tidur.

Kata dia, Angin yang kencang membuatnya membesar dan merembet ke atas hingga berjarak sekitar lima meter dari rumah kami. Mungkin saja kalau dibiarkan rumah semua rumah yang dekat dengan jurang habis ludes terbakar," ujar Hikmat, di tempat kejadian, Ia mengaku terkejut melihat api setelah dibangunkan istrinya.

 " Warga berbondong-bondong mencoba memadamkan api ketika api mulai menyambar-nyambar rumah. Namun, peralatan yang tidak memadai membuat warga hanya memadamkan api yang mencoba mendekati perumahan. hal itu yang semakin membuat warga panik dan ketakutan," Kata Hikmat.

Dia menjelaskan, pertolongan datang sekitar pukul 13.00 Wib pemadam kebakaran baru datang dan turun ke bawah menggunakan tali untuk mendekati sumber api yang besar," ujar Hikmat. Ia pun mengatakan, api mulai menjalar kemana-mana juga mengarah ke perumahan seberang jurang.

Hal senada diutarakan, Ketua RT 03, Sofyan Sidik (38). Menurutnya kebakaran sangat mudah terjadi karena musim kemarau yang panjang sehingga tanaman mudah terbakar lantaran kering. Selain itu, angin bertiup kencang ketika siang hari. Karena itu, ia ingin pengembang perumahan memperhatikan kejadian yang terjadi kemarin.

"Kami berharap pengembang perumahan mau memotong tanaman-tanaman ilalang yang berada di jurang sebab cukup berbahaya jika muncul api lagi," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung, Agus Tatang mengatakan, api mampu dikuasai selama satu jam lebih. Namun, pihaknya belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

"Kami mengerahkan 3 buah mobil pemadam kebakaran. Dua dari Kabupaten Bandung. Sedangkan satu mobil dari Kota Bandung, yang didampingi oleh petugas pemadam tiga orang,"pungkasnya.(Atep Kusman)

0 comments:

Post a Comment