Bupati Bandung Minta PLN Jaringan Listrik di tambah

Written By Unknown on Saturday, September 15, 2012 | 5:58 AM


Bupati Bandung Minta PLN Jaringan Listrik di tambah

Bandung (Pripos)-Bupati Bandung Dadang Naser meminta PLN untuk menambah jaringan listrik, agar semua daerah di Kabupaten Bandung tidak ada yang tanpa aliran listrik.

"Mereka yang kekurangan listrik di Kabupaten Bandung adalah biasanya para petani nomaden diluar Bandung yang mencari lahan, lalu setelah menemukan daerah cocok untuk bertani lalu mereka menetap di daerah-daerah itu," kata Dadang saat diwawancarai seusai solat Jumat di Masjid Al-Fathu Jalan Raya Soreang pada Jumat (14/9).

Dadang menjelaskan bahwa salah satu daerah yang masih kekurangan aliran listrik itu diantaranya adalah sekitar pinggiran wilayah Cikancung.

Lanjut dia, maka untuk sementara cara tercepat untuk menjadikan wilayah itu terdapat aliran listrik yaitu dengan menggunakan mesin diesel," ujarnya.

Tapi Pemerintah Kabupaten Bandung kata Dadang, juga menyiapkan cara cara lain untuk mengantisipasi kekurangan listrik ini, dan yang masih menjadi kendala adalah bahan bakar pembangkit listrik yang menggunakan batu bara.

Oleh karena itu, bagi pengangkut batu bara yang menggunakan Truk truk untuk mengangkut bahan bakar batu bara, biasanya merusak jalan jalan yang dilaluinya, kalau jalan rusak kan kita juga yang disalahkan," kata Dadang.

Tapi yang bagus kata Dadang adalah di Kabupaten Bandung ini hanya kurang dari 5% daerah yang belum dialiri listrik.

Bahkan yang lebih bagus lagi, bukan lagi program Lisdes (Listrik Masuk Desa) yang akan digalakan untuk menjadikan Kabupaten Bandung terang benderang ini."Bahkan sekarang ini program kita adalah listrik masuk RT dan RW," katanya sambil tersenyum.

Lebih jauh dia menerangkan juga, banyak pembangkit tenaga listrik yang akan dibangun juga di Kabupaten Bandung ini, salah satunya dengan menggunakan tenaga panas bumi atau geothermal.

"Jika untuk pembangkit listrik tenaga air dan panas bumi kita sudah mendapatkan teknologinya, namun untuk kedepan kita juga sedang mencoba membuat pembangkit listrik tenaga angin," katanya.(Atep Kusman)

0 comments:

Post a Comment