Daerah Aliran Sungai Cidurian Memprihatinkan

Written By Unknown on Saturday, September 22, 2012 | 2:05 PM


Daerah Aliran Sungai Cidurian Memprihatinkan

BANDUNG,(Pripos1/9)Beberapa bulan musim kemarau yang berkepanjangan, kota Bandung selain kesulitan air bersih, berdampak pula pada kekeringan aliran sungai di kota bandung. Dari beberapa sungai yang di survey, beberapa sungai mengalami kekeringan dan penyusutan air secara besar. Itupun yang dialami oleh sungai Cidurian di kawasan cikutra bandung,  jumat (21/9).
Sungai yang berhulu dari daerah gunung nampak kotor dan Kering, yang sudah menjadi pemandangan sehari – hari warga di sekitar DAS Cidurian. Ditambah lagi masyarakat sekitar yang kurang memperhatikan kebersihan di DAS Cidurian. Alhasil DAS Cidurian yang harusnya ditetapkan sebagai salah satu sungai dikota bandung menjadi sangat amburadul.
“Setiap musim kemarau pasti sungai Cidurian nampak kotor dan kurang air. Saya hanya berharap pada pemerintah setempat, agar  mau memperhatikan sungai ini” ujar Hastari warga setempat yang sering melintas di DAS (Daerah Aliran Sungai) Cidurian.
Bukan hanya itu, sungai yang melintasi area kampus Widyatama dan Kelurahan Sukapada, menimbulkan kesan oleh mahasiswa dari luar daerah bahwa sungai di bandung kotor dan bau.
Senada dengan yang dikatakan Kiki Mahasiswa Widyatama Asal Jogja menyebutkan, “ tidak seperti yang saya bayangkan. Kalau melihat di media, bandung itu bersih dan sejuk, namun nyatanya seperti ini. Saya mohonlah pada kelurahan atau Pemerintah daerah, mau memperhatiakan sungai Cidurian”.
Mengacu pada Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 2012, harusnya pemerintah setempat atau pemerintah daerah, dapat menengelola atau menjaga DAS Cidurian ataupun Sugai yang melintasi kota Bandung, agar masyarakat pendatang atau warga kota bandung dapat menikmati sungai yang indah dan bersih, bebas dari kotoran. (Fajar Rizky Nugroho)



0 comments:

Post a Comment