KORPRI Jabar Gelar LKIK-2012 Berhadiah Total Rp 22,5 Juta

Written By Unknown on Tuesday, September 4, 2012 | 8:18 PM



KORPRI Jabar Gelar LKIK-2012 Berhadiah Total Rp 22,5 Juta

Bandung (Pripos).Dewan Pengurus KORPRI Jawa Barat  dengan FPTB Jawa Barat  dalam menyongsong  Hari Ulang Tahun KORPRI-2012 menggelar lomba karya ilmiah (LKIK)  Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) 2012 berhadiah total Rp 22.500.000,-. Kegiatan yang ditujukan untuk para  PNS di seluruh Jawa Barat tersebut dimaksudkan untuk memotivasi PNS berfikir dan bekerja cerdas, sehingga mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan negara.
Ketua Bidang IPTEK  dan Litbang  DPP KORPRI Jabar, Dr. Ing. Mochammad  Ichwan, mengungkapkan program LKIK -2012  kepada KAPINIS di Kantornya.  Ichwan  bercerita kilas balik lahirnya LKIK KORPRI Jawa barat yang diurintis sejak tahun 2005 lalu.  KORPRI Jawa Barat merasa terpanggil  untuk  ikut mewujudkan Jawa Barat sebagai provinsi termaju dan mitra terdepan  ibu kota Indonesia. Untuk itu melalui LKIK  KORPRI Jawa Barat secara ilmiah berharap para anggota KORPRI akan mampu memberikan kontribusi dari buah pikirannya yang terbaik.
“Menciptakan kemajuan haruslah dilakukan  dengan perencanaan yang baik, dengan ditunjang  metodologi  yang tepat  dan dilaksanakan secara sistimatik  dan konsisten  secara ilmiah sudah teruji, “ katanya.
Oleh karena itu, masih kata Ichwan, tindakan yang bisa menjamin keberhasilan pembangunan  yakni melatih agar setiap PNS di Jawa Barat  terampil  berfikir secara logis dan jelas secara ilmiah, sehingga terbangun konsep kinerja  yang efektif  dan efisien.
LKIK-2012 KORPRI Jawa Barat kali ini, tambah Ichwan, mengangkat tema Menciptakan Kesejahteraan  Kehidupan PNS Melalui Pengelolaan Lingkungan Secara Bijak dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal  yang Mempunyai Daya Saing Tinggi.
PNS Harus  Terpanggil
Pada dasarnya menurut Ichwan, manusia hanya dapat hidup sejahtera apabila lingkungannya terjaga dengan baik.  Lingkungan sehat dan asri yang diwarisi dari para leluhur telah banyak mengalami erosi dan kerusakan oleh tangan-tangan jahil. Karenanya kata Ichwan, PNS harus merasa terpanggil untuk mengelola lingkungannya menjadi sehat dan asri  kembali, sekaligus mengeksploitasinya secara mudah  dan murah untuk kemaslahatan masyarakat.

Dengan menggunakan teknologi modern untuk mengekploitasi lingkungan tanpa menguasai pengetahuan dasar yang mumpuni kata Ichwan,  apa lagi tidak dibarengi  dengan integritas moral yang baik, tentu sangat berbahaya. Bertolak dari alasan tersebut dan khasanah kearifan lokal jelas Ichwan, dan menerapkannya dalam pengelolaan lingkungan diharapkan mampu menghasilkan kesejahteraan yang nyata dan berkesinambungan bagi masyarakat.

LKIK KORPRI Jawa Barat-2012 dapat diikuti oleh seluruh komponen PNS  baik dalam bentuk team maupun perorangan yang bekerja di Pemprov Jawa Barat maupun PNS Pemkab/Pemkot se- Jawa Barat. Juga PNS dari instansi pemerintah pusat yang berkantor di wilayah Jawa Barat.  Namun menurut Ichwan, bagi PNS yang menduduki jabatan fungsional peneliti (perekayasa), pernah menjadi pemenang (juara) kegiatan LKIK sebelumnya, dilarang ikut menjadi peserta. Larangan PNS yang menjadi peserta LKIK-2012 juga diberlakukan bagi seluruh pengurus DPP KORPRI Jawa Barat dan PNS yang bekerja di Sekretariat DPP KORPRI Jawa Barat.

Bagi peserta  yang dinyatakan lolos seleksi dan penilaian dewan Juri (pemenang), pemenang pertama disediakan tropy bergilir Gubernur Jawa Barat, tropy tetap, sertifikat dan uang pembinaan Rp 10.000.000,-. Pemenang II mendapatkan tropy tetap, sertifikat dan uang pembinaan Rp 7.500.000,-. Pemenang III mendapatkan tropy tetap, sertifikat dan uang pembinaan Rp 5.000.000,- .

Cara Mengikuti LKIK-202
Peserta LKIK-2012 tidak dipungut biaya (pendaftaran gratis), mengirimkan karya ilmiah asli  beserta 4 (empat) berkas foto copinya, Melampirkan satu berkas asli  data CV (curiculum Vitae)  baik ketua maupun anggota team yang disyahkan instansi terkait, memuat nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan dan status kelulusan, riwayat pekerjaan/jabatan (bila ada), riwayat kegiatan penelitian dan karya tulis yang sudah dipublikasikan dengan menyebut nama media massa dan tahun penerbitannya.  Syarat lain, melampirkan dua lembar pas foto berwarna ukuran 4x6, melampirkan foto copy KTP/SIM/Kartu Pegawai.

Ketentuan khususnya, pertimbangan utama makalah yang dapat diterima adalah judul karya ilmiah harus sesuai dengan tema yang telah ditetapkan, orisinil, serta belum pernah dipublikasikan. Karya ilmiah diketik menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar (EYD), pada kertas HVS ukuran A4 berjarak 1,5 spasi dan menggunakan huruf  time roman fons 12 . Isi karya ilmiah minmal 10 halaman, tidak termasuk foto, gambar, grafik dan bahan pendukung lainnya.  Dianjurkan membuat ringkasan  (sinopsis) sebanyak-banyaknya dua halaman, diketik menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar (EYD) pada kertas HVS  ukuran A4, berjarak spasi 1,5 dan menggunakan huruf time roman fons 12.

Calon peserta diharapkan memperhatikan jadwal, diantaranya sosialisasi 5-31 Maret 2012 (launching 28 Maret 2012). Penerimaan naskah 1-30 September 2012. Seleksi administratif 1-5 Oktober 2012, seleksi subtansi naskah 8-12 Oktober 2012. Presentasi dan seleksi akhir 20 Oktober 2012 dan penyerahan hadiah, tropy, sertifikat, dll 29 November 2012 (Upacara HUT KORPRI-2012).  Oleh karena itu Ichwan menyarankan, calon peserta dapat melakukan penelitian, riset, penyusunan naskah makalah ilmiah mulai 1 April 2012- 31 Agustus 2012.

Cara pengiriman naskahkanya kata Ihwan, naskah dan seluruh persyaratan  dikirim dalam amplop tertutup  ukuran A4. Pengiriman ditujukan kepada: Panitia Lomba Karya Ilmiah KORPRI-2012, Jl. Turangga No. 25 Bandung-Jawa Barat, Telp 022-7305110, faks 022-7305109.  Dewan juri terdiri atas peneliti senior dari lembaga penelitian lembaga pemerintah dan swasta. Ketentuan lain, diantaranya keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat. Tidak diadakan  surat-menyurat atau bentuk komunikasi lainnya, berkaitan dengan hasil penelitian ilmiah. Seluruh dokumen keikutsertaan  LKIK 2012 menjadi milik panitia LKIK2012. (R Mur)     

0 comments:

Post a Comment