Membangkitkan Percaya Diri

Written By Unknown on Friday, September 7, 2012 | 9:03 AM


Membangkitkan Percaya Diri

Bandung(Pripos1/7).Dalam kegiatan sehari-hari tidak sedikit melihat rekan, sahabat atau orang lain bahkan kita sendiri tidak percaya diri. Lantas, apa yang perlu dilakukan terhadap perasaan yang muncul seperti ini? Apakah ada cara yang terbaik untuk menghilangkan rasa takut, malu dan meningkatkan rasa percaya diri?
                                                                  Photo-www.detik77.com
                                                                                       
Salah satu cara untuk meningkatkan percaya diri adalah pemahaman atau mindset bahwa pada dasarnya manusia itu lebih banyak persamaannya daripada perbedaan. Antara lain banyak orang menyukai makanan yang enak, merindukan keluarga dan teman, ingin maju, suatu saat ingin rileks dan juga mempunyai masalah. Nah, kalau orang lain banyak yang seperti itu, kenapa kita harus takut? Kalau orang lain itu kita anggap penting maka di hadapan mereka kita juga harus penting. Jadi, sewaktu kita berhadapan dengan orang lain, kita harus berpikir bahwa kita adalah dua orang penting yang duduk bersama dan membicarakan sesuatu demi kepentingan dan keuntungan bersama. Sikap menganggap diri sendiri itu penting ini akan membantu membuat situasi seimbang. Artinya, dalam pikiran kita orang lain tidak terlalu penting dibandingkan dengan diri kita. Orang lain mungkin tampak lebih besar, terkesan lebih penting, akan tetapi ia tetap manusia biasa yang pada dasarnya memiliki minat, keinginan, dan masalah yang sama seperti kita. Jadi, kita boleh berpikir bahwa kita tidak jauh berbeda dengan mereka, kita sama dengan mereka, dengan demikian perasaan malu, takut dan minder bisa dikurangi dan bahkan bisa dihilangkan.

Apabila kita berjalan dengan kecepatan rata-rata,  kita juga melangkah dengan rata-rata pula. Tapi bila kita berjalan setengah berlari, katakanlah 25 persen lebih cepat dari rata-rata, kita bisa tunjukkan kepada dunia, kita seakan pergi ke suatu tempat yang penting dan ada pekerjaan harus segera diselesaikan. Dengan bahu tegak, kepala diangkat, bergerak maju sedikit lebih cepat dari biasanya, rasa percaya diri kita akan semakin meningkat.(Anto)

0 comments:

Post a Comment