1700 Personil Dishub Jabar Dikerahkan

Written By Unknown on Monday, December 31, 2012 | 7:21 PM


Layani Masyarakat Sambut Tahun Baru 2013 M
1700 Personil Dishub Jabar Dikerahkan


Bandung, Pripos,- Datangnya tahun baru menjadi momen yang tidak akan pernah terlewatkan bagi semua penduduk bumi ini. Di berbagai kota besar, termasuk Kota Bandung  pula kota-kota di Jawa Barat, dipastikan  akan menyambut prosesi pergantian tahun itu. Spesial tahun ini, pelaksanaan tahun baru diawali dengan tradisi libur panjang. Sejak, Sabtu 29 Desember 2012, semua aktivitas sekolah dan perkantoran mayoritas telah diliburkan.    
Berkaitan dengan itu, di sisi lain ada peningkatan konstalasi khususnya dalam bidang transportasi karena ada eksodus (arus gerak) masyarakat, terutama  menuju tempat-tempat rekreasi atau wisata.
Provinsi  Jawa Barat, yang memiliki ratusan kawasan wisata, tak luput dari sasaran tujuan mereka. Sehubungan dengan itu, jajaran Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat sebagai liding sector perhubuangan jauh hari telah melakukan langkah persiapan/antisipasi. Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat,   Dr. Dedi Taufikkurohman, drs. M.Si,  menghadapi libur panjang dan tahun baru 2013, jajarannya telah menyiagakan sebanyak 1700 orang personil terdiri dari   200 personil dari Dihub Jabar  ditambah 1500 orang personil dari Dishub kabupaten/kota se-Jabar .
“Seluruh personil yang dikerahkan  disebar   ke seluruh wilayah Jawa Barat. Hal ini demi membantu mayarakat  dalam menikmati masa liburan akhir tahun sekaligus menyambut tahun baru 2013,”  ujar     Dr. Dedi Taufikkurohman, Drs, M.Si kepada wartawan usai menerima DPA APBD 2013 di Gedung sate, Jumat (28/12/2012).
Dikatakan, selain mengarahkan porsonil, Dishub Jabar juga membentuk poskotis di delapan  jembatan timbang serta memfungsikan jembatan timbang  sebagai rest area (sarana peristirahatan sementara). Lanjut Dedi, Dishub juga menyiapkan posko pengendalian (poskodal) di seluruh kantor Dishub kabupaten/kota se-Jabar.
          Menurut Dedi, seluruh jajarannya akan berkerja secara penuh melayani masyarakat.  Sesuai dengan Surat Edaran Mentri  Perhubungan tahun 2012, katanya,  personil Dishub  bekerja sejak sebelum natal yaitu dari tanggal 21 Desember 2012 sampai dengan 3 Januari 2013.
“Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), kewenangan Dishub , diantaranya  menyiapkan fasilitas lalu lintas (lalin) terutama  jalan- jalan yang sering menjadi simpul kemacetan. Kita juga berikan kepada kabupaten/ kota, plastic horn, rambu-rambu jalan. Hal ini demi memberikan rasa aman, nyaman dan keselamatan masyarakat yang melakukan liburan,” tuturnya.
Menyinggung titik-titik kepadatan lalu lintas di Kota Bandung, Dedi memprediksikan arus lalin terkonsentrasi di arah tujuan obyek wisata Lembang (Kab. Bandung Barat), Ciwidey (Kab. Bandung) dan Kota Bandung. 
Untuk menunjang kelancaran bersama termasuk juga melakukan rekayasa manajemen lalulintas, tandas Dedi, Dishub Jabar telah berkoordinasi dengan pihak Dirlantas Polda Jabar. Sedangkan untuk tingkat kab/kota, Dishub kab/kota juga telah berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes/ Polres setempat. 
Menanggapi masih terjadinya kemacetan di wilayah Nagreg,  Dedi mengatakan,  jika terjadi masalah kemacetan saat menjelang natal dari  jam 12 malam itu, maka akan dilakukan  evaluasi terutama terkait dengan integritas transportasi secara keseluruhan atau infra struktur. (fauzi/PP-056)  

0 comments:

Post a Comment