Kapolda Jabar : “Tampilkan Kepemimpinan Polri yang Profesional”

Written By Unknown on Saturday, December 15, 2012 | 3:42 AM


Serah Terima Jabatan  Jajaran Polda Jabar
Kapolda Jabar : “Tampilkan Kepemimpinan Polri yang Profesional”

         

Bandung, Sabtu 15/12 (Pripos),- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat Brigjen Pol Drs Tb. Anis Angkawijaya, M.Si, meminta kepada seluruh jajaran komando  kepolisian daerah Jawa Barat, dalam mengemban tugas hendaknya mampu menampilkan kepemimpinan Polri yang profesional, bertanggung jawab, penuh keteladanan, menjamin kualitas kinerja anggota dan institusi sebagai pelayan prima yang anti KKN dan kekerasan, serta menjadi konsultan yang solutif bagi bawahan dan masyarakat.
Hal itu ditandaskan Kapolda Jabar dalam sambutanya pada upacara  serah terima jabatan tiga pejabat utama Polda Jabar dan dua belas Kapolres/Kapolresta jajaran Polda Jabar, di Aula Mulyono Mapolda Jabar, Jum’at (14/12).  
Hadir pada kesempatan itu Waka Polda Jabar Brigjen Pol Drs Hengkie Kaluara, para pejabat utama Polda Jabar serta para Kapolres jajaran Polda Jabar.
Kapolda Jabar menambahka dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, maka Polda Jabar dan jajarannya dituntut untuk malakukan perubahan serta meningkatkan kinerja operasionalnya selaras dengan agenda Reformasi Birokrasi Polri dan implementasi dari Grand Strategi Polri Tahap Kedua, yakni membangun kemitraan (partnershif building).
“Segera pahami pertelaan tugas Satker dan Satwil serta karakteristik kerawanan daerah masing-masing sehingga dapat menentukan cara bertindak yang konstruktif dan konfrehensif serta profesional, transfaran dan akuntabel dalam setiap pelaksanaan tuga,” pinta Kapolda.
 Amanat lain yang disampaikan Kapolda agar jajarannya dapat menerapkan strategi Polisi Sahabat Rakyat, dimana kehadiran Polri harus memberikan manfaat bagi masyarakat serta dapat melaksanakan 10 perilaku yang disenangi masyarakat serta tidak melaksanakan 10 perilaku yang tidak disenangi masyarakat, sehingga akan terjalinnya kebersamaan dan kemitraan Polri dan masyarakat.
Hal inilah yang perlu diimplementasikan oleh anggota Polri dijajaran Polda Jabar, sehingga akan terbentuk Polisi yang ramah dan dekat dengan rakyat, Polisi yang merangkul dan bukan yang memukul, Polisi yang mengajak bukan yang membentak, Polisi yang mendidik bukan yang menghardik serta Polisi yang tidak sewenang-wenang dan sok kuasa,” tutur Kapolda.   
Pejabat utama Polda Jabar yang melaksanakan serah terima yaitu Karo SDM, Dir lantas dan Kabid Kum. Karo SDM Polda Jabar diserahterimakan dari pejabat lama Kombes Pol Drs Suwarno, SH kepada Kombes Pol Drs Bambang Hastobroto S., M.Si. Kombes Pol Drs Suwarno, SH selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Kabag Situs Pol Ro Tekinfo Div TI Polri, sementara pejabat yang baru sebelumnya menjabat sebagai Kabag Pangkat Ro Binkar SSDM Polri.
Dir Lantas Polda Jabar diserahterimakan dari pejabat lama Kombes Pol Drs Bimo Anggoro Seno, MH kepada Kombes Pol Drs Imam Pramukarno, SH. Kombes Pol Drs Bimo Anggoro Seno,SH selanjutnya akan menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bid PJR Korlantas Polri, pejabat yang baru sebelumnya menjabat sebagai Dir Lantas Polda Papua.
Kabid Kum diserahterimakan dari Kombes Pol Drs Parimin Warsito, SH kepada Kombes Pol Drs Dedi Junaedi. Kombes Pol Drs Parimin Warsito, SH selanjutnya akan menjabat sebagai Kabag Rehabpers Div Propam Polri, sementara pejabat yang Kombes Pol Drs Dedi Junaedi sebelumnya menjabat sebagai Legal Drafter Utama Divkum Polri.
           Sementara dua belas Kapolres/Kapolresta jajaran Polda Jabar yang melaksanakan serah terima yaitu Kapolres Bogor Kota diserahterimakan dari AKBP Hilman, S.Ik.,SH.,MH kepada AKBP Bahtiar Ujang Purnama, S.Ik., M.Si. Pejabat yang lama selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Wadir Reskrimsus Polda Jatim, sementara pejabat yang baru sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Purwakarta. Kapolres Purwakarta selanjutnya akan dijabat oleh AKBP Slamet Hariyadi, S.Ik.,MH. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit I Dit Reskrimum Polda Jabar. Kapolres Bogor diserahterimakan dari AKBP Hery Santoso, S.Ik kepada AKBP Asep Safrudin, S.Ik. Pejabat lama Kapolres Bogor selanjutnya akan menjabat sebagai Wadir Reskrimsus Polda Metro Jaya, pejabat baru sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Polda Metro Jaya. Kapolres Sukabumi diserahterimakan dari AKBP Muhammad Firman,S.Ik kepada AKBP Asep Edi Suheri,S.Ik yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Cirebon Kota. Kapolres Cirebon Kota selanjutnya dijabat oleh AKBP Dani Kustoni,SH.,A.Ik.,M.Hum.
Kapolres Subang diserahterimakan dari AKBP M. Awal Chairuddin,S.Ik.,MH kepada pejabat baru AKBP Chiko Ardwiatto,S.Ik.,M.Hum. AKBP M. Awal Chairuddin selanjutnya akan menjabat sebagai Waka Polrestabes Bandung, pejabat baru AKBP Chiko Ardwiatto sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Regident Dit Lantas Polda Jabar. Kapolres Tasikmalaya Kota diserahterimakan dari AKBP Gupuh Setiyono,S.Ik kepada AKBP Iwan Imam Susilo, S.Ik. Pejabat lama Kapolres Tasikmalaya Kota tersebut selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Wadir Reskrimsus Polda Jabar, sementara pejabat yang baru sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit IV Dit Reskrimsus Polda Jabar. Kapolres Cirebon diserahterimakan dari AKBP Hero Henrianto Bachtiar,S.Ik.,M.Si kepada AKBP Irman Sugema,SH.S.Ik yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Tasikmalaya. AKBP Hero Henrianto selanjutnya akan menjabat sebagai Waka Polresta Bekasi Kota Polda Metro Jaya. Sementara Kapolres Tasikmalaya yang baru dijabat oleh AKBP Wijonarko,S.Ik.,M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Bandung.
          Kapolres Bandung diserahterimakan dari pejabat lama AKBP Sandi Nugroho,S.Ik.,SH.,M.Si kepada AKBP Kemas Ahmad Yamin,S.Ik. Pejabat lama Kapolres Bandung selanjutnya akan menempati jabatan baru di Spripim Mabes Polri. Pejabat baru Kapolres Bandung sebelumnya menjabat Kapolres Ciamis. Kapolres Ciamis selanjutnya akan dijabat oleh AKBP Witnu Urip Laksana,S.Ik yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Sukabumi Kota. Jabatan Kapolres Sukabumi Kota selanjutnya dijabat oleh AKBP Hari Santoso, S.Ik yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Lantas Polrestabes Bandung.(fauzi/hmspolda)

0 comments:

Post a Comment