KPU Jabar Tetapkan Nomor Urut Pasangan

Written By Unknown on Wednesday, December 19, 2012 | 3:50 AM


KPU Jabar Tetapkan Nomor Urut Pasangan
Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat

Bandung, Rabu 19/12 (Pripos),- Sejak siang sekira mulai pukul 14.30 Wib, Selasa (18/12),  Kota Bandung terus diguyur hujan, hingga menjelang petang. Bahkan memasuki malam hari cuaca terasa dingin mencekam. Ketika itu, saat perhatian seluruh warga Jawa Barat tertuju pada tayangan televise local Kompas TV dan STV yang menyiarkan langsung jalannya prosesi penentuan dan penetapan  nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jabar tahun 2013.
Prosesi yang berlangsung di Gedung Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) Bandung, berjalan meriah, lancar dan damai, kendati masing-masing pasangan menyertakan para kader dan simpatisannya.  Acara penentuan nomor urut pasangan dikemas sedemikian apik oleh panitia, sehingga tidak tergambar ketegangan, namun justru sebaliknya santai, rilek dan lebih condong sebagai panggung hiburan yang menyenangkan. Beberapa suguhan hiburan music ditampilkan seperti menghadirkan group band Riff dengan vokalisnya yang handal Andi Riff, group music karinding Attack dan artis kenamaan Delia Lontoh.
Tidak ketinggalan aksi yang dilakukan presenter kodang Pandji yang melakukan opening up memukau.
            Hal ini memang disengaja oleh panitia, sebagaimana diakui oleh Ketua Pokja KPU Yayat Hidayat, setting acara dibuat sedemikian menyenangkan untuk menggambarkan kegembiraan rakyat Jawa Barat dalam menyambut pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2013 yang jauh dari paksaan dan tekanan.
Melalui proses pengundian obyektif dan fear dipandu oleh presenter kondang Aiman Wicaksono disaksikan Kapolda Jabar Brigjen Pol Tb. Anis Angkawidjaya, dan Kol.Inf. Rohadi dari Makodam III/Siliwangi serta dari Kajati Jabar dan Ketua DPRD Jabar ditetapkan bahwa pasangan calon gubernur/wakil gubernur Dikdik Mulyana Arief Mansur-Cecep Nana Suryana Toyib berhak atas nomor urut satu, disusul pasangan calon Irianto MS Syafiudin-Tatang Farhanul Hakim dengan nomor urut dua. Nomor urut tiga diraih pasangan calon Dede Yusuf Macan Effendi-Lex Laksamana dan pasangan calon Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar memperoleh nomor empat, sementara nomor urut lima digenggam pasangan calon Rieke Diah Pitaloka-Teten Masduki.
“Dengan telah ditetapkan nomor urut pasangan calon tersebut, maka menjadi dasar bagi KPU untuk menerbitkan dan melakukan pencetakan suarat suara,” kata Yayat Hidayat.  
  Selain acara utama penetapan nomor urut pasangan calon,  gebyar lounching Pilkada Jabar tahun 2013 pula dilakukan penandatanganan deklarasi damai oleh masing-masing pasangan calon.
Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan atau momerandum of understanding (MoU) pemilihan umum kepala daerah berkualitas, oleh empat lembaga terkait yakni Komisi Informasi Daerah (KID), Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jabar. (fauzi)   

0 comments:

Post a Comment