Gubernur Tidak Pernah Perintahkan

Written By Unknown on Tuesday, January 15, 2013 | 9:51 AM


Ahmad Heryawan:
Gubernur Tidak Pernah Perintahkan 
Menutup tambang Citatah


Bandung Barat- Pripos. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menenangkan penambang ketika menghadiri HUT ke-1 Himpunan Pengusaha Pekerja Masyarakat Tambang (HP2MT) Kab. Bandung Barat, di Kec. Citatah, KBB, Jabar, Minggu (13/1). Tak kurang 50 perusahaan bergabung dalam (HP2MT).

Masyarakat penambang Karst Citatah di Kecamatan Citatah, Kabupaten Bandung Barat, Jabar, kini bisa lega. Begitu pula kelompok pekerja pabrik dan angkutan, serta keluarga besarnya. Selama ini, puluhan ribu warga menggantungkan kehidupannya pada ladang tambang Citatah was-was oleh isu penutupan kasawan penambangan.

Sekitar seribu warga keluarga besar penambang hadir di acara HUT itu, yang dimeriahkan dengan gerak jalan santai, penghijauan, dan bakti social, Hadir pula Bupati Bandung Barat Abubakar.

"Salah besar kalau ada yg bilang Gubernur berencana melakukan moratorium aktivitas penambangan di Citatah. Gubernur tidak pernah memerintahkan penutupan tambang Citatah. Itu isu yang dihembuskan pihak tertentu," jelas Heryawan.

Isu yang membuat keluarga besar penambang resah, yakni Pemprov Jabar disebut-sebut akan meninjau ulang izin perusahaan penambang. Sementara proses moratorium berlangsung, aktivitas penambangan diberhentikan sementara.

Gubernur menyatakan, pemanfaatan kekayaan tambang Citatah merupakan tuntutan ekonomi masyarakat. Ribuan keluarga menggantungkan sumber pendapatannya dari penambangan. Hal terpenting, tambah Gubernur Heryawan, semua pihak yang terlibat bersama pemerintah daerah senantiasa tetap mengupayakan pelestarian lingkungan penambangan.

"Dunia tambang selama ini dipersepsikan merusak lingkungan. Ini terjadi karena perencanaan dan penataan areal penambangan tidak dilakukan sejak awal," kata Heryawan lagi.

Dirinya merinci, rencana penambangan seharusnya disertai program penyelamatan kekayaan plasma nutfah di areal yang bakal diolah. Selain itu lapisan humus diselamatkan lebih dahulu, yang nantinya dimanfaatkan saat reklamasi pasca penutupan kawasan.

Masih di acara yang sama, Heryawan mengingatkan, kegiatan penambangan di suatu kawasan pasti terbatas waktu. Bila kandungan tambang di lokasi dimaksud tak memenuhi syarat lagi dari sisi bisnis, maka penambangan pasti dihentikan. Karena itu, "Masyarakat penambang harus disiapkan untuk alih mata pencaharian," ujarnya.

Di Citatah, dalam pandangan Heryawan, sektor pertanian dan pariwisata menjadi pilihan ideal bagi masyarakat di wilayah ini nantinya. Citatah memiliki kawasan yang dapat diolah menjadi sentra pertanian, juga terdapat beberapa objek pariwisata.

Bupati Bandung Barat Abubakar pada kesempatan yang sama mengungkapkan, pihaknya kini menyiapkan program yang bertujuan membekali masyarakat penambang untuk beralih pekerjaan  dan menyiapkan solusinya. ( PP-056 )

0 comments:

Post a Comment