NUTRISI PELINDUNGAN MATA

Written By Unknown on Wednesday, January 30, 2013 | 8:52 AM


LUTEIN : NUTRISI PELINDUNGAN MATA
  
BANDUNG,Pripos.-Banyak yang beranggapan bahwa kecerdasan seorang anak hanya ditentukan oleh tumbuh kembangnya otak, padahal banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya stimulasi pada penglihatannya.
Melalui mata, si Kecil akan melihat beragam pelajaran yang akan menjadi bekal disepanjang hidupnya karena mata bekerjasama dengan otak, otot dam sistem sarat akan mengolah gambar yang tertangkap dan mengubahnya menjadi suatu informasi yang sangat berharga bagi kehidupannya kelak.

Dalam makalahnya “Mata Anak Anda Jendela Kecerdasan”, Dr. Hardiono D. Pusponegoro, SpA(K) mengungkapkan, “Lutein adalah kelompok zat gizi pemberi warna (semacam karoten) yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Asupan lutein bisa didapat dari sayuran dan buah serta ASI (Air Susu Ibu).”
Pemimpin Redaksi majalah anakku ini juga menjelaskan bahwa sebagian besar Lutein terkumpul di makula/saraf mata, yaitu pusat retina yang berfungsi sebagai pusat penglihatan dan ketajaman penglihatan. Keberadaan nutrisi ini untuk mencegah kerusakan mata akibat sinar biru dan radikal bebas.
Agar kebutuhan lutein harian terpenuhi setidaknya anak harus makan sayuran dan buah sekitar 400 gram sehari atau setara dengan 5 porsi sayur dan buah.
Bagaimana bila si Kecil tidak mau mengkonsumsi sayur ? Disinilah perlunya asupan suplemen berupa susu formula, tentunya jika susu formulanya telah ditambahkan lutein. Pemilihan susu ini dilihat dari kandungan lutein yang mengacu pada ASI dan dari penelitian yang dilakukan oleh Confield LM, Clandinin dkk (2003), rata-rata konsentrasi lutein di dalam ASI adalah 25 mg/L. (PP-015/Tea)

0 comments:

Post a Comment