Pembangunan Kantor Desa Langensari Terbengkalai

Written By Unknown on Friday, January 11, 2013 | 12:15 AM


Pemkab Garut dan Pemrov Jabar Masih Terkesan Tutup Kuping  
Pembangunan Kantor Desa Langensari Terbengkalai 



           Garut, (Pripos) – Desa Langensari yang berlokasi di Jl.Tegalsari No.3 ini merupakan pemekaran dari Desa Cimanganten sudah hampir 3 tahun direnovasi dan kini terbengkalai karena minimnya dana.
Kondisinya sekarang sangat memprihatinkan menurut Sekertaris Desa Langensari, Didin Jaenudin mengatakan rencananya bangunan ini akan ditingkatkan untuk kantor BPD, LPM dan PKK serta ditambah dengan sarana GOR yang berada di samping gedung utama dan  sampai saat ini sudah menghabiskan biaya sekitar Rp 250 juta.
         Dana itu pun sebagian besar didapat dari swadaya masyarakat yang peduli sehingga banyak yang menjadi donatur dalam membantu penyelesaian pembangunan gedung desanya walaupun sebagian besar profesinya sebagai petani dan pedagang serta sebagian kecil kalangan PNS.
“Pengajuan profosal baik ke Pemerintah Daerah maupun Provinsi yang kami buat dulu nilainya sekitar Rp 500 juta untuk program pengembangan gedung namun belum semuanya terealisasikan, bahkan dari dana ADD tahun kemarin hanya ada sekitar Rp 23 juta itupun belum mencukupi,” Ujar Didin.
        Melihat luas wilayah yang ada di Desa Langensari menurut Budiharjo bagian Kaur Pemerintahan, menjelaskan bahwa total yang ada sekarang sekitar 93..313 ha, terbagi dalam dua wilayah yaitu berupa tanah sawah luasnya 25.041 ha dan tanah kering atau pemukiman sekitar 44.945 ha.
Populasi penduduk pun kini jumlahnya terus meningkat dari data terakhir Desember 2012 ada sekitar 7.508 jiwa dengan total KK ada 1.873. Kesemuanya tersebar di 12 RW serta 44 RT ditambah tiga dusun.
        Budiharjo mengatakan dalam pelayanan terhadap masyarakat yang semakin banyak ini kami sebagai petugas desa berusaha untuk semaksimal mungkin walaupun kondisi ruang kerjanya kini sempit kira-kira hanya 2x4 m saja, ditambah sekarang musim penghujan sering bocor disana-sini sehingga dapat menggangu aktifitas kerja.
Pihaknya kini berharap Pemerintah Pusat maupun Pemda bisa lebih memperhatikan kondisi ini dan bisa secepatnya membantu menuntaskan pembangunan gedung tersebut  karena hal ini sangat berpengaruh pada kinerja aparatur desa dalam melayani masyarakat Desa Langensari. (PP-004)

0 comments:

Post a Comment